Sukses

Path Bakal Ditutup, Ini Cara Selamatkan Foto dan Video Lama Kamu

Liputan6.com, Jakarta - Setelah ramai disebut-sebut akan tutup, Path akhirnya buka suara.

Media sosial besutan Dave Morin dkk ini akhirnya benar-benar mengumumkan selamat tinggal kepada seluruh penggunanya lewat unggahan di Path.com dan aplikasi.

Path bakal menghentikan seluruh layanannya per 18 Oktober 2018. Semua pengguna Path pasti pernah mengunggah banyak momen ke media sosial yang dibesut pada 2010 ini.

Kenangan berharga yang pernah diunggah di Path selama bertahun-tahun pun pasti bakal dirindukan.

Meski bakal ditutup, pengguna masih bisa tetap menyimpan foto, video, dan unggahan lama.

Dalam pengumumannya di laman Path.com yang dikutip Tekno Liputan6.com, pengguna masih bisa menyimpan seluruh data yang pernah diunggah di Path sebelum 18 Oktober 2018.

Caranya, pertama kamu bisa mengunjungi laman https://path.com/setting/backups.

Kemudian kamu bisa login dengan akun Path kamu. Lalu, kamu bisa mengeklik tombol dan memasukkan alamat email yang nantinya dikirimkan file backup data Path kamu.

Pengguna juga bisa menyimpan data-data dari aplikasi Path di smartphone masing-masing. Pertama, kamu bisa membuka aplikasi Path, kemudian masuk ke Setting.

Selanjutnya, kamu bisa mengeklik tombol dan memasukkan alamat e-mail yang nantinya dikirimkan file backup data Path kamu. Syaratnya, kamu harus memperbarui aplikasi Path ke versi terbaru.

Path tutup, begini cara menyimpan foto dan video lama kamu (Foto: Path.com)

"Harap diingat, kamu tidak akan bisa mem-backup data kamu di Path setelah 18 Oktober 2018. Kami mungkin tidak menyimpan salinan data kamu di dan dari tanggal tersebut. Karena itu, kamu dianjurkan untuk mengunduh dan menyimpan salinan data kamu jika ingin memiliki data per 18 Oktober 2018," kata Path.

2 dari 3 halaman

Untuk Akun Premium

Khusus untuk akun premium, Path juga mengizinkan pengguna untuk mendapatkan refund dana mereka.

Sayangnya untuk pengguna iOS, Path tidak bisa me-refund dana premium mereka.

Alih-alih demikian, Path menyarankan pengguna untuk mengunjungi laman web Apple dan mengikuti panduan dari pihak Apple.

Sementara untuk pengguna premium Path di perangkat Android, Path bisa memproses refund dana.

Caranya dengan mengirimkan e-mail ke service@path.com dan memastikan alamat e-mail akun Path dan identitas transaksi Google sudah benar.

 

Path Tutup, ini cara refund dana akun premium Path (Foto: Path.com)

3 dari 3 halaman

Ucapkan Selamat Tinggal Setelah 8 Tahun

Media sosial berbagi momen Path resmi mengumumkan selamat tinggal kepada para penggunanya. Sebelumnya, lini masa internet memang ramai dengan kabar bahwa Path bakal tutup usia.

Kini, Path mengonfirmasi hal tersebut dengan menampilkan pengumuman di laman Path.com dan di aplikasi Path kepada pengguna.

Sebagaimana Tekno Liputan6.com, kutip dari Path.com, Senin (17/9/2018), Path dengan berat hati mengumumkan pihaknya akan menghentikan layanan mereka.

"Dengan berat hati, kami mengumumkan bahwa kami akan berhenti menyediakan layanan yang kami cintai, Path," demikian bunyi pengumuman Path.

Dalam perjalanan hingga usia Path mencapai 8 tahun pada tahun ini, Path menyebut telah tertawa dan menangis bersama pengguna.

"Dan sekarang tidak terhindarkan lagi bagi kami untuk mengakhiri layanan dan memprioritaskan pekerjaan kami untuk melayani Anda dengan produk dan layanan yang lebih baik," kata Path.

Path juga berterima kasih atas dukungan para pengguna selama ini.

Sekadar informasi, Pihak Path menyebut, media sosial ini bermula dari sebuah tim kecil, baik dari bidang desain maupun engineer. Path berdiri pada 2010.

"Selama bertahun-tahun, kami telah mencoba menetapkan misi kami melalui teknologi dan desain, kami bertujuan untuk menjadi sumber kebahagiaan, bermakna, dan koneksi ke pengguna kami," kata pihak Path dalam pengumumannya.

(Tin/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

 

Artikel Selanjutnya
Resmi Ditutup, Path Umumkan Selamat Tinggal
Artikel Selanjutnya
Path Tutup Usia, Warganet Nostalgia di Linimasa Twitter