Sukses

Lebih Mahal dari Prabowo-Sandi, Situs Web Jokowi-Ma’ruf Dibanderol Rp 2 Miliar

Ada situs web yang mengatasnamakan Joko Widodo (Jokowi) dan Ma’ruf Amin. Situs web tersebut dijual seharga Rp 2 miliar.

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa hari lalu setelah deklarasi Calon Presiden (Capres) dan Calon Wakil Presiden (Cawapres) Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno dilakukan, langsung beredar domain situs web yang mengatasnamakan Prabowo-Sandi.

Situs web dengan nama prabowosandi.com dan prabowosandi.id tersebut ditawarkan oleh cybersquat dengan harga masing-masing Rp 1 miliar dan bisa dinego.

Tak lama setelahnya berselang beberapa hari, kini ada situs web yang mengatasnamakan Joko Widodo (Jokowi) dan Ma’ruf Amin.

Pantauan Tekno Liputan6.com, Minggu (13/8/2018), situs web bernama jokowimaruf.com itu dilego lebih tinggi ketimbang Prabowo-Sandi, yakni Rp 2 miliar dan bisa dinego.

Harga serupa juga dibanderol oleh cybersquat untuk situs dengan domain lokal, yakni jokowimaruf.id.

Situs web Jokowi-Ma'ruf yang dijual Rp 2 miliar. (Foto: jokowimaruf.com)

Untuk diketahui, cybersquat atau cyberquatting adalah aksi menyerobot nama domain dengan mendaftarkan identitas orang lain, dan menjualnya dengan harga yang mahal.

Selain situs jokowimaruf.com dan jokowimaruf.id, ada juga situs web lain dengan dua nama Capres dan Cawapres tersebut, seperti jokowidodomaarufamin.com, jokowidodomaarufamin.id, jokowimaarufamin.com, serta jokowimaarufamin.id.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Situs Web Prabowo-Sandi

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto resmi menggandeng mantan Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Salahuddin Uno (Prabowo-Sandi) sebagai Calon Wakil Presiden mendampinginya maju di Pemilihan Presiden 2019.

Baru semalam mendeklarasikan diri sebagai capres dan cawapres penantang pasangan Joko Widodo dan KH Ma'ruf Amin, sudah ada pengguna internet yang kreatif menjual domain situs web prabowosandi.id dan prabowosandi.com di internet.

Uniknya, harga yang ditawarkan pun tidak main-main. Tahu kalau domain situs web itu cukup representatif untuk kepentingan kampanye Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno, si pembuat domain menjual kedua domain tersebut dengan harga masing-masing Rp 1 miliar, tetapi masih bisa dinego.

Pantauan Tekno Liputan6.com di kedua domain tersebut, Jumat (10/8/2018), tertulis pengumuman penjualan domain itu. Mereka yang tertarik memiliki kedua domain itu bisa menghubungi nomor telepon 087888483157.

Website prabowosandi.com dijual di internet seharga Rp 1 miliar dan masih bisa dinego (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

3 dari 3 halaman

Siapa Pemilik Situs Web Prabowo Sandi?

Ketika dilakukan pengecekan siapa pemilik domain tersebut melalui laman Whois, diketahui bahwa si pemilik website adalah PT Anugerah Solusi Mandiri dengan kontak M Sigit Saputro.

Alamat yang teregistrasi sebagai pemilik domain tersebut berada di Jalan Pangeran Antasari Nomor 4, Keturen, Tegal, Jawa Tengah, Indonesia.

Situs web prabowosandi.com diregistasi pada 9 Agustus 2018 dan akan kadaluarsa pada 9 Agustus 2019.

Sementara, situs web prabowosandi.id tergistrasi atas nama Digital Registra dan dibuat pada tanggal yang sama.

Website prabowosandi.id dijual di internet seharga Rp 1 miliar dan masih bisa dinego (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

(Jek/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.