Sukses

Kompetisi Akbar Mobile Legends Kembali Digelar di Indonesia

Kompetisi Mobile Legends 2018 siap digelar dan Indonesia kembali terpilih sebagai tuan rumah.

Liputan6.com, Jakarta - Moonton dipastikan kembali menggelar kompetisi akbar untuk Mobile Legends. Mengusung nama Mobile Legends: Bang Bang South East Asia Cup 2018 (MSC 2018), Indonesia terpilih lagi sebagai tuan rumah.

Untuk kompetisi tahun ini, peserta yang berpartisipasi lebih banyak dari tahun lalu. Jika pada 2017 hanya ada lima negara, di MSC 2018 ada tujuh negara Asia Tenggara yang turut bermain.

Sebelumnya, negara yang ikut serta adalah Indonesia, Filipina, Malaysia, Singapura, dan Thailand. Sementara peserta dari Myanmar dan Vietnam baru bergabung di tahun ini. 

Proses seleksi MSC 2018 juga berbeda dari tahun sebelumnya. Kali ini, calon tim peserta tak dibuka secara luas, melainkan menerapkan sistem undangan. 

Negara-negara yang sudah menjalankan Mobile Legends Professional League (MPL), seperti Indonesia, Malaysia, Singapura, dan Filipina mendapatkan undangan khusus untuk ikut dalam MSC 2018.

Jadi, tim-tim peserta dari empat negara tersebut dipilih berdasarkan prestasinya selama gelaran MPL. Sementara untuk negara lain, sudah dipersiapkan babak kualifikasi untuk memperoleh satu slot dalam kompetisi.

"Indonesia dipilih sebagai tuan rumah karena animonya yang sangat besar di sini," tutur Country Manager Moonton Indonesia Cayayan saat konferensi pers MSC 2018 di Jakarta, Selasa (3/7/2018).

Kompetisi Mobile Legends akan menjangkau lebih banyak negara di tahun depan. Cayayan menuturkan pada 2019, negara lain seperti Kamboja, Laos, dan Brunei Darussalam disebut akan turut berpartisipasi.

"Untuk tahun depan, harapannya, wilayah Eropa dan Amerika Utara juga akan memiliki kompetisi Mobile Legends sendiri seiring perkembangan gim ini," tuturnya menjelaskan. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penerapan Sistem Baru di MSC 2018

Nantinya, MSC 2018 akan dibagi dalam dua babak, yakni Group Stage dan Playoff. Dalam babak grup, 10 tim peserta akan dibagi menjadi dua grup dengan sistem pertandingan round robin.

"Dua tim teratas dari masing-masing grup akan melaju ke babak playoff dengan sistem single elimination," tutur Chief Growth Officer Revival TV Irliansyah Wijanarko. MSC 2018 sendiri akan digelar di Jakarta Convention Center (JCC).

Moonton telah menyiapkan total hadiah US$ 100 ribu atau setara dengan Rp 1,4 miliar. Irliansyah menuturkan, seluruh pertandingan yang digelar mulai 27 hingga 29 Juli 2018 ini akan disiarkan eksklusif melalui Facebook.

"Tahun ini, penonton gelaran ini akan dibagi beberapa kelas, yakni reguler, VIP, dan VVIP. Streaming pertandingan akan ditayangkan dalam tiga bahasa, yakni Indonesia, Inggris, dan Thailand," tuturnya menjelaskan.

Khusus untuk penonton yang tertarik menonton di kelas reguler, tiket dapat mulai dibeli saat hari pelaksanaan. Sementara kelas VIP dan VVIP didapatkan melalui undangan. 

(Dam/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.