Sukses

Pengguna Instagram Kini Bisa Share Ulang Stories Teman

Fitur baru Instagram adalah @mention sharing, yang dapat membuat pengalaman berbagi konten Stories menjadi lebih menyenangkan.

Liputan6.com, Jakarta - Instagram terus merilis fitur baru untuk Stories. Kali ini, fitur barunya adalah @mention sharing, yang cara kerjanya mirip seperti retweet pada Twitter.

Dikutip dari keterangan resmi Instagram, Sabtu (8/6/2018), cara kerja fitur baru ini cukup sederhana.

Ketika seseorang mention (menyebutkan) kamu di Stories, maka kamu akan menerima notifikasi di Direct Message seperti biasanya. Namun, kali ini ada yang berbeda dengan tambahan opsi baru.

Ketika kamu melihat foto atau video tersebut di Direct Message, ada opsi baru dengan keterangan "Add This to Your Story", agar kamu juga bisa mengunggahnya secara langsung di Stories pribadi.

Instagram rilis fitur @mention sharing (Foto: Instagram)

Setelah di-tap, sistem Instagram akan mengunggah foto atau video tersebut di akun kamu.

Sebelum diunggah, kamu bisa mengubah ukuran dan posisinya, serta menambahkan tool kreatif seperti teks atau stiker.

Instagram rilis fitur @mention sharing (Foto: Instagram)

Sayangnya, fitur ini tidak bisa digunakan oleh pengguna dengan akun private.

"Ketika follower kamu melihat story tersebut, nama pemilik awal akan terlihat dan bisa di-tap, sehingga orang-orang juga bisa melihat profil teman kamu. Namun, hanya akun publik yang bisa di-share ulang," jelas Instagram.

Fitur baru ini sudah tersedia untuk perangkat berbasis iOS dan Android. Namun, pengguna harus memperbarui aplikasi Instagram terlebih dahulu dengan mengunduh versi 48 di Play Store dan App Store.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Instagram Bakal Rilis Fitur Video Baru pada 20 Juni 2018

Di luar dari fitur @mentio sharing,  Instagram dilaporkan sedang bersiap mengumumkan fitur video baru dengan durasi lebih panjang, yang akan menjadi kompetitor YouTube dan Snapchat Discover.

Berdasarkan laporan baru, pengumuman fitur ini dijadwalkan pada 20 Juni 2018.

Dikutip dari Tech Crunch, Jumat (8/6/2018), sejumlah sumber mengatakan bahwa Instagram akan menghadirkan ruang khusus untuk menampilkan berbagai acara dan video musik, yang sebagian besar dalam bentuk vertikal, full-screen dan resolusi 4K.

Pihak Instagram telah bertemu dengan sejumlah bintang populer media sosial dan penerbit konten, untuk menemukan cara agar channel video mereka bekerja dengan baik di aplikasi tersebut. 

Konten video Instagram ini tidak seperti acara dari Netflix Originals atau dengan kualitas HBO. Namun, fitur baru ini akan lebih fokus seperti video-video seperti yang dibuat oleh kreator YouTube.

3 dari 3 halaman

Instagram Sempat Eror

Terlepas dari rencana kehadiran fitur baru, Instagram beberapa hari lalu sempat eror dan dikeluhkan oleh banyak penggunanya.

Laporan tentang masalah pada aplikasi Instagram banyak beredar di ranah maya, termasuk jejaring sosial Twitter. Berdasarkan laporan Down Detector pada Selasa (5/6/2018), keluhan terkait aplikasi Instagram memang cukup meningkat dalam beberapa jam terakhir.

Laporan tersebut sebagian besar berasal dari wilayah Amerika Utara dan Amerika Selatan. Sejumlah pengguna Instagram di Indonesia juga mengalami masalah serupa.

Pantauan tim Tekno Liputan6.com, memang tak seluruh pengguna aplikasi Instagram mengalami masalah ini. Sebagian besar melaporkan aplikasi Instagram miliknya masih dapat diakses.

(Din/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.