Sukses

Unggahan Mengganggu di Instagram Bakal Bisa Mute

Liputan6.com, Jakarta - Instagram baru mengumumkan kehadiran fitur baru yang memungkinkan pengguna membungkam atau "mute" unggahan orang agar tidak lagi muncul di linimasanya.

Mengutip laman Business Insider Singapore, Rabu (23/5/2018), dalam waktu beberapa minggu ke depan, pengguna bisa menghalau unggahan dan Stories milik teman dari feed Instagram mereka.

Uniknya dengan kehadiran fitur mute ini, pengguna tidak perlu meng-unfollow akun teman yang posting-annya dianggap mengganggu.

Selain itu, pemilik akun yang di-mute juga tidak akan mendapatkan notifikasi jika mereka telah di-mute. Sebelum Instagram, fitur semacam ini sudah lebih dulu hadir di Facebook.

Manfaat fitur ini, sebagaimana ditulis Business Insider Singapore adalah agar pengguna bisa membungkam unggahan atau Stories dari orang lain tanpa takut kehilangan followers mereka.

Hal ini tentunya sangat bermanfaat jika ada teman yang selalu "nyampah" di feed dengan banyaknya unggahan yang di-posting dalam jangka waktu singkat.

Fitur ini juga memungkinkan pengguna untuk menata feed-nya sesuai yang diinginkan. Misalnya mereka hanya ingin melihat gambar binatang lucu, mode fashion, atau artis-artis favorit.

Instagram telah menguji algoritma mute akhir-akhir ini. Singkatnya, fitur ini dirancang agar pengguna lebih bisa mengontrol apa yang ada di feed mereka.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara Memakai Fitur Mute

Meski belum hadir untuk semua pengguna, cara untuk me-mute unggahan yang tidak dikehendaki bisa dilakukan dengan cara memilih simbol titik tiga di sudut kanan atas.

Begitu dibuka, akan ada sejumlah opsi yang bisa dilakukan terkait unggahan. Misalnya saja opsi Report, Unfollow, Mute, Bagikan ke Facebook, dan lain-lain.

Tentunya untuk membungkam posting-an tersebut kamu bisa memilih Mute.

Selanjutnya pengguna akan diberi opsi untuk membungkam hanya unggahan foto atau video atau sekaligus dengan membungkam Stories.

Instagram bakal segera menghadirkan fitur Mute unggahan atau Stories dari teman (Sumber: Business Insider Singapore)

Sebenarnya, Instagram telah menghadirkan fitur mute untuk Stories mengganggu. Namun opsi itu baru bisa dilakukan dengan cara masuk ke Profile pengguna yang ingin Stories-nya dibungkam.

Fitur Mute Stories di Instagram (Sumber: Business Insider Singapore)

Satu hal lagi, meskipun kamu sudah membungkam Unggahan atau Stories, kamu masih bisa melihat profil pengguna yang di-mute.

3 dari 3 halaman

Facebook Lebih Dulu Hadirkan Fitur Mute

Sebelum di Instagram, fitur mute alias pembungkam unggahan menyebalkan teman telah dirilis oleh Facebook, tepatnya pada akhir 2017. 

Fitur yang dimaksud bukan diberi nama mute, melainkan Snooze. Sebelum rilis, fitur ini diuji coba di sejumlah akun pengguna Facebook pada September 2017. Sejak Desember tahun lalu, tombol Snooze hadir bagi seluruh pengguna Facebook.

Tombol Snooze memungkinkan kamu untuk membungkam akun teman yang sering mem-posting unggahan menyebalkan, page, atau grup selama 30 hari. Dengan begitu, kamu tidak akan bisa melihat unggahan apapun dari teman yang sudah dibungkam di News Feed.

Kendati begitu, setelah lewat dari 30 hari, unggahan menyebalkan dari teman, grup, atau page yang dibungkam akan kembali terlihat di News Feed.

Sekadar diketahui, cara kerja tombol Snooze sebenarnya sama dengan tombol "Unfollow" atau "Hide".

Bedanya kedua tombol tersebut memungkinkan kamu membungkam teman yang menyebalkan selama-lamanya. Sementara, tombol Snooze membungkamnya dalam waktu 30 hari, tanpa menghapus pertemanan.

(Tin/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.