Sukses

Instagram Bakal Kembalikan Tampilan Feed Sesuai Urutan Waktu?

Liputan6.com, Menlo Park - Pernah merasa ketinggalan unggahan Instagram dari teman, padahal kita sedang membuka jejaring sosial tersebut?

Ya, hal ini sangat mungkin terjadi lantaran Instagram tidak menerapkan tampilan feed sesuai kronologi alias urutan waktu unggah, melainkan yang berdasarkan kita sukai.

Dengan tampilan feed berdasarkan yang kita sukai, sebuah foto yang diunggah tiga hari lalu masih bisa muncul di feed paling atas.

Namun baru-baru ini, ada kemungkinan Instagram mengembalikan unggahan foto dan video di tampilan feed sesuai dengan kronologi atau urutan waktunya.

Sebagaimana dikutip dari Ubergizmo, Selasa (13/3/2018), informasi ini pertama kali diketahui dari sebuah video yang diunggah oleh pengguna Instagram dengan akun @jackharding. Pengguna tersebut menunjukkan tampilan feed Instagram-nya yang sesuai urutan waktu.

Kendati begitu, fitur ini kemungkinan merupakan bagian dari percobaan beta dan hanya tersedia di sejumlah pengguna.

Tidak jelas apakah Instagram akan menghadirkan kembali feed-nya sesuai kronologi. Bisa jadi, Instagram berupaya memberikan pilihan kepada pengguna untuk menampilkan feed secara kronologi ataukah sesuai apa yang mereka sukai.

Sebelumnya banyak pengguna yang memang lebih menyukai unggahan yang tampil pada feed-nya berdasarkan urutan waktu ketimbang feed yang saat ini diterapkan.

Bisa jadi juga, hal ini merupakan bagian dari pengujian, dan tidak akan ada feed berdasarkan urutan waktu.

Sampai saat ini belum diketahui informasi kelanjutannya sehingga pengguna Instagram hanya bisa menunggu mana yang dihadirkan oleh layanan berbagi foto dan video singkat tersebut. Kalau kamu, lebih suka yang mana?

1 dari 3 halaman

Protes Keras dari Pengguna

Maret dua tahun lalu, Instagram merombak tampilan feed-nya dari yang semulai sesuai urutan waktu menjadi sesuai apa yang disukai penggunanya. 

Keputusan Instagram untuk mengubah tampilan feed itu ternyata menuai protes. Beberapa pengguna dari media sosial berbagi gambar dan video tersebut pun melayangkan petisi agar Instagram tak mengganti tampilan feed-nya.

Mengutip informasi dari laman Ubergizmo, beberapa pengguna Instagram diketahui telah membuat petisi di Change.org yang meminta tampilan Instagram tetap berurutan secara kronologis.

Sarah Heard yang memprakarsai petisi ini menuturkan langkah Instagram mengubah tampilan feed-nya bukan hal yang diinginkan oleh pengguna. Heard berasalan, keputusan ini akan merugikan bisnis kecil yang mengandalkan Instagram sebagai media pemasaran.

"Kami merasa feed berbasis algoritma akan merugikan pemilik usaha kecil dan seniman yang menggunakan platform ini (Instagram) untuk mengomunikasikan produk dan layanan mereka," dalam pernyataan petisi tersebut. Selain itu, keputusan ini juga akan berdampak pada komunitas yang dibangun dari Instagram.

2 dari 3 halaman

Jawaban Instagram Saat Diprotes Soal Tampilan Feed

Instagram pun menjawab berbagai protes pengguna atas perubahan tampilan feed di platformnya.

Melalui akun Twitter resminya, sebuah cuitan tertanggal 29 Maret 2016 menyebutkan bahwa Instagram menjamin tidak ada yang berubah pada feed penggunanya.

"Kami mendengarkan dan menjamin, tidak ada yang berubah dengan feed Anda saat ini. Kami berjanji akan mengabari Anda saat perubahan telah dilakukan," cuit Instagram.

Setelah mengunggah cuitan tersebut, Instagram mencuit kembali. Mereka memperkenalkan fitur "Instagram for Business" pada laman Facebook yang berisi berbagai tip soal bisnis. Selain itu, laman tersebut juga menawarkan ruang iklan bagi para pebisnis.

Sebelumnya, Instagram dikabarkan akan mengikuti pilihan induknya--Facebook--untuk membuat tampilan feed berdasarkan unggahan yang dirasa memiliki relevansi dengan penggunanya.

Fitur ini memungkinkan urutan foto dan video yang muncul pada feed didasari atas ketertarikan pengguna pada sebuah konten, bukan secara real time.

(Tin/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Instagram dan Snapchat Hapus Fitur GIF, Kenapa?
Artikel Selanjutnya
Raksasa Teknologi Kompak Melindungi Satwa Liar