Sukses

Diprotes Pengguna Soal Tampilan Feed, Ini Jawaban Instagram

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa waktu lalu pengguna Instagram melayangkan protes lantaran layanan berbagi foto dan video singkat milik Facebook tersebut memutuskan untuk mengubah tampilan newsfeed-nya.

Tidak sekadar protes, sebagian di antaranya dikabarkan sempat membuat petisi pada laman Change.org. Dalam petisi tersebut mereka meminta tampilan feed pada Instagram untuk tetap sesuai dengan kronologis atau urutan waktu unggah.

Akhirnya, Instagram pun angkat bicara. Melalui akun Twitter resminya, sebuah cuitan tertanggal 29 Maret 2016 menyebutkan bahwa Instagram menjamin tidak ada yang berubah pada feed penggunanya.

"Kami mendengarkan dan menjamin, tidak ada yang berubah dengan feed Anda saat ini. Kami berjanji akan mengabari Anda saat perubahan telah dilakukan," cuit Instagram.

Pantauan tim Tekno Liputan6.com, Rabu (30/3/2016), tweet Instagram tersebut mendapatkan retweet hingga 48.000 kali serta tanda suka sebanyak 52.000 kali (data sekitar pukul 10.00 WIB).

Setelah mengunggah cuitan tersebut, Instagram mencuit kembali. Mereka memperkenalkan fitur "Instagram for Business" pada laman Facebook yang berisi berbagai tip soal bisnis. Selain itu, laman tersebut juga menawarkan ruang iklan bagi para pebisnis.

Sebelumnya, Instagram dikabarkan akan mengikuti pilihan induknya--Facebook--untuk membuat tampilan feed berdasarkan unggahan yang dirasa memiliki relevansi dengan penggunanya.

Fitur ini memungkinkan urutan foto dan video yang muncul pada feed didasari atas ketertarikan pengguna pada sebuah konten, bukan secara real time.

Hal ini mendadak sontak mendapatkan perhatian pengguna karena dianggap mematikan pengusaha kecil yang mengandalkan Instagram untuk mengiklankan dagangannya.

(Tin/Isk)

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS