Sukses

Manusia Pertama yang Melayang di Antariksa Meninggal Dunia

Liputan6.com, California - Dunia teknologi antariksa tengah berduka. Bruce McCandless, astronot NASA yang pertama kali melayang di luar angkasa telah meninggal dunia.

Kabar duka ini diumumkan oleh Johnson Space Center. Seperti dilansir Time, Kamis (28/12/2017), McCandless diketahui meninggal dunia di usianya yang ke-80 tahun.

McCandless wafat di California, Amerika Serikat. Ia meninggalkan sang istri, Ellen Shields McCandless, serta masing-masing dua anak dan cucu. Tidak diketahui penyebab kematian astronot legendaris NASA ini.

McCandless sendiri adalah salah satu astronot paling fenomenal karena saat pertama kali melayang di luar angkasa pada 1984, ia menggunakan jetpack khusus.

Astronot ini menjelajahi ruang hampa udara sekitar 90 meter dari wahana Challenger. Foto ini pun menjadi foto ikonis di sepanjang sejarah industri teknologi antariksa, karena memang belum pernah ada satu manusia pun yang terbang di luar angkasa pada saat itu.

2 dari 3 halaman

Percaya Diri

Kala itu, McCandless mengaku sama sekali tidak takut saat pertama kali terbang melayang-layang di luar angkasa. Ia bahkan terlalu percaya diri untuk bisa terbang.

"Saya sepertinya kebanyakan latihan. Memang sih, agak cemas waktu itu. Tetapi pas saya terbang ke luar, duh, rasanya nyaman. Saya sempat merasa dingin dan sedikit menggigil, tetapi tidak berpengaruh," ujar McCandless kepada Daily Camera pada 11 tahun yang lalu.

Menariknya, McCandless juga turut serta dalam mengembangkan teknologi jetpack ini. Kontribusinya tidak berhenti di situ, ia juga bergabung dengan kru yang menirim teleskop Hubble Space ke luar angkasa.

3 dari 3 halaman

Pengalaman yang Luar Biasa

Selain mencetak rekor menjadi manusia pertama yang melayang di luar angkasa, McCandles juga memiliki sejumlah pengalaman luar biasa dalam kariernya menembus ruang hampa udara. Ia sempat menjadi komunikator Mission Control di Houston, saat Neil Armstrong dan Buzz Aldrin mendarat di Bulan pada 1969 silam.

Sebelum terjun ke industri teknologi antariksa, pria kelahiran Boston, 1937 silam tersebut merupakan lulusan dari Woodrow Wilson Senior High School, Long Beach, California.

Setelah lulus dari SMA, barulah McCandless melanjutkan studinya ke Naval Academy. Barulah setelah itu, ia mengantongi dua gelar master pada bidang Teknik Elektro dari Stanford University dan Administrasi Bisnis di University of Houston.

(Jek/Cas)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Soulvibe 'Adu Gombal' di KLY Lounge

Tutup Video