Sukses

Terkuak, Ini Jenis Foto Favorit Saat Liburan

Terungkap, ketika menyewa jasa fotografer profesional 88 persen wisatawan Indonesia memilih foto luar ruangan (outdoor)

Liputan6.com, Jakarta - Frame A Trip, startup lokal di bidang fotografi untuk berlibur (holiday photography), melakukan riset tren likes dan perilaku konsumen Indonesia dari layanan holiday photography selama 2017.

Riset tersebut membuahkan hasil yang serupa dengan riset di luar negeri yang menunjukkan bagi generasi milenial, jumlah likes merupakan "mata uang sosial" yang menunjukkan status pergaulan di media sosial.

Guna memperoleh banyak likes, foto yang diunggah tentu mesti memukau. Maka dari itu, generasi milenial berlomba memajang foto terbaik mereka demi "mata uang sosial" ini.

Terungkap, ketika menyewa jasa fotografer profesional, sebanyak 88 persen wisatawan Indonesia memilih foto luar ruangan (outdoor). Sebanyak 68 persen di antaranya menyukai tema berlatar perkotaan, dengan rincian 90 persen dari jumlah tersebut mengambil latar perkotaan berupa objek ciri khas dari kota tujuan wisata tersebut (landmark).

Selanjutnya hanya 32 persen yang menyukai foto outdoor berlatar suasana alam, dengan sebanyak 83 persen di antaranya didominasi pantai sebagai pilihan utama foto liburan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pose Favorit Saat Liburan

Ada satu hal yang tak kalah menarik dari riset ini, yakni pose favorit. Ternyata 79 persen wisatawan Indonesia bergaya tanpa mencium pasangannya dengan rincian 35 persen berupa pose gaya bebas, 33 persen berpegangan tangan, dan 32 persen merangkul pasangan.

Dari sisi penampilan, 85 persen pengguna Frame A Trip saat foto sesi lebih memilih pakaian kasual dan 69 persen lainnya hanya memakai make up tipis guna terlihat lebih fresh di depan kamera.

Lalu 11 persen mereka yang berfoto mengenakan baju tradisional, biasanya berkaitan dengan destinasi wisatanya yang memang terkenal dengan baju adat, semisal Jepang dengan kimono atau Korea Selatan dengan hanbok.

(Why/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.