Sukses

Lawan Cyberbullying, Instagram Galakkan Kampanye #KomenBaik

Menurut laporan, kolom komentar sering dijadikan sebagai alat utama untuk merundung korban bully.

Liputan6.com, Jakarta - Perundungan yang dilakukan di ranah maya atau disebut dengan istilah cyberbullying seringkali ditemukan di media sosial (medsos), tak terkecuali Instagram.

Mirisnya, medsos berbagi foto dan video milik Facebook tersebut malah diklaim menjadi yang paling sering dipakai penggunanya untuk cyberbullying.

Lembaga anti-bullying Ditch the Label sempat melaporkan tindakan cyberbullying di Instagram sering terjadi dalam bentuk komentar. Menurut survei, kolom komentar dijadikan sebagai alat utama untuk merundung korban bully.

Tahu bahwa tindak cyberbullying kian merajalela, Instagram pun mengumumkan kampanye terbarunya sebagai aksi melawan cyberbullying. Kampanye tersebut diberi nama #KomenBaik.

Adapun kampanye ini hadir dengan sejumlah tool terbaru, serta program dan inisiatif komunitas untuk membantu Instagram bisa menjadi tempat berekspresi positif.

#KomenBaik hadir dalam sebuah mural (lukisan jalan) khusus yang turut diresmikan oleh Director of Community Instagram Amanda Kelso, perwakilan dari Bekraf (Badan Ekonomi Kreatif) dan Kemkominfo (Kementerian Komunikasi dan Informatika), Program Specialist "Do Something Indonesia) Demas Ryan, dan selebritas dengan follower Instagram terbanyak di Indonesia, Raffi Ahmad.

Di mata Amanda, komunitas adalah konsep Instagram yang begitu dekat dengan Indonesia. Dengan kampanye #KomenBaik ini, menurutnya komunitas bisa saling membantu dan berbuat baik, di mana menjadi elemen kuat yang tertanam di kebudayaan Indonesia.

"Kami yakin, komunitas pengguna Instagram punya kemampuan yang besar untuk menciptakan perubahan positif dalam kehidupan sehari-hari, termasuk Indonesia," ujarnya saat peluncuran kampanye #KomenBaik di Tribeca Park, Jakarta, Rabu (27/9/2017).

Ia berharap kampanye ini dapat menyebarkan nilai positif dari setiap komentar yang dikeluarkan pengguna Instagram. "Dengan menyebarkan pujian dan kebaikan satu sama lain, saya yakin Instagram bisa jadi tempat paling baik untuk mengekspresikan diri," lanjutnya.

Mural #KomenBaik sendiri juga merupakan hasil kolaborasi antar tiga seniman dan selebgram di Indonesia: Yessiow (@doodlesyessiow), Diela Maharanie (@dielamaharanie), dan Mikhaela Cherry Virginia Chandra (@mikhaelacherry). Mural ini menggambarkan pesan terkait ragam komunitas dengan berbagai suara dan bisa bekerjasama demi mendukung dan menghadirkan sesuatu yang penuh makna.

Adapun mural #KomenBaik ini tak hanya akan hadir di Indonesia. Mengingat #KomenBaik adalah inisiatif global, mural lainnya akan hadir di kota-kota besar di seluruh dunia, seperti New York dan Dallas (AS), dan Brasilia (Brasil).

Cara Ikut Kampanye #KomenBaik

Karena kampanye #KomenBaik sudah resmi dimulai, pengguna Instagram di Indonesia juga turut mengambil bagian. Caranya mudah. Pertama, pastikan harus punya niat menyebar semangat positif dan kebaikan bagi teman-teman di Instagram.

Setelah mantap, lakukan cara berikut:

1. Ambil foto menarik (contoh mural #KomenBaik, jika tidak bisa mencari foto-foto lain dengan tema positif dan kebaikan)

2. Tuliskan komentar baik atau pujian

3. Tag 2 orang teman atau lebih

4. Nah, tantang mereka untuk menyebarkaan kebaikan hati dengan kalimat seperti ini: "#KomenBaik - Sebarkan kebaikan hatimu, kirim sesuatu yang menarik dan tag 2 orang temanmu. Lalu, teruskan!"

Jangan lupa selalu sebarkan komentar baik di Instagram setiap harinya. Lawan cyberbullying dan start something positive!

(Jek/Cas)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.