Sukses

Ini Cara Ketahui Aktivitas yang Pernah Anda Unggah di Facebook

Liputan6.com, California - Apakah Anda masih ingat ketika baru memiliki akun Facebook, informasi apa yang diunggah di jejaring sosial yang sudah berusia 12 tahun ini?

Rupanya, seluruh informasi yang pernah diunggah seorang pengguna di Facebook bisa diakses kembali.

Sebut saja informasi mengenai kapan Anda registrasi akun, menuliskan status hubungan, status pertama, tempat kerja hingga siapa teman yang anda hapus dari pertemanan pun bisa diketahui. Kok bisa?

Berdasarkan informasi yang dikutip Tekno Liputan6.com dari laman Venture Beat, Selasa (24/5/2016), seluruh informasi mengenai akun Facebook kita bisa diketahui dengan mengunduh arsip personal Facebook. Mau tahu bagaimana caranya?

Untuk mulai mengunduh data personal Facebook Anda, masuk pada laman Facebook. Kemudian, pilih ikon segitiga terbalik yang ada di pojok kanan atas Facebook.

Selanjutnya, klik ikon segitiga tersebut dan pilih menu 'Setting'. Pada bagian bawah halaman Setting akan muncul opsi untuk mengunduh data 'Download a copy'. Klik opsi tersebut.
Cara mengunduh data pribadi Facebook (Venture Beat).
Lalu, Facebook akan mengirimkan Anda sebuah e-mail berisi tautan atau link untuk mengunduh file informasi pribadi Facebook. Cepat atau lambatnya Facebook mengirimkan e-mail tergantung pada sebanyak apa informasi milik Anda di Facebook. Misalnya, dibutuhkan waktu 10 menit.
Cara mengunduh data pribadi Facebook (Venture Beat).

2 dari 2 halaman

Download informasi pribadi Facebook

Lalu, klik link tersebut dan akan muncul sebuah halaman dengan tulisan Download your information. Selanjutnya klik pada 'Start my archive'.

when-you-opt-to-get-an-archive-of-what-you-shared-facebook-will-send-you-an-email-sometimes-you-may-have-to-wait-a-while-depending-on-how-much-information-you-have-on-facebookLalu muncul kotak dialog, di mana Anda akan diminta memasukkan password Facebook. Begitu klik Submit, Facebook akan mulai mengunduhkan sebuah file berformat .zip.

Jika Anda menggunakan perangkat komputer Apple, hanya perlu klik dua kali untuk meng-unzip. Lalu, Anda bisa mendapatkan berbagai folder yang ketika dibuka tampilannya laman web mini HTML, sehingga memudahkan pengguna.

File .zip yang sudah diunduh berbentuk mini HTML (Sumber: Venture Beat).
Beberapa informasi di dalamnya, di antaranya ketika membuka folder bernama index.htm, maka akan terlihat sebagai laman profil mini di browser Anda. 

Banyak informasi yang bisa Anda ketahui mulai dari tanggal registrasi, status hubungan (termasuk status hubungan sebelumnya), keluarga, pendidikan, tempat kerja, serta informasi-informasi lain yang pernah diungkapkan kepada Facebook.

Selanjutnya, history timeline Anda. Misalnya, ketika awal bergabung dengan Facebook, status pertama dan selanjutnya yang pernah diunggah di jejaring sosial besutan Mark Zuckerberg ini.

Tak hanya itu, ketika Anda telah mengunduh data personal Facebook juga akan mendapatkan salinan tiap foto dan video yang pernah diunggah.

Tampilan data yang pernah Anda unggah di Facebook (Sumber: Venture Beat).
Jika Anda membuka foto di laman web, maka bisa menemukan penyimpanan meta data Facebook. Anda bisa lihat, di mana lokasi foto diambil, kapan, serta alamat IP saat mengunggah foto itu.

Facebook juga menghadirkan data kecocokan wajah yang bisa mendeteksi wajah Anda di dalam sebuah foto yang diunggah pengguna Facebook.

Perusahaan juga melacak siapa teman yang pernah Anda hapus dari pertemanan, bahkan jika Anda menghapusnya 10 tahun lalu. Facebook juga memiliki data siapa saja orang-orang yang menjadi peer group kita.

Beberapa informasi lain yang ada di dalam data personal Facebook di antaranya adalah iklan yang pernah diklik pengguna, acara yang pernah dimasukkan ke daftar undangan, hingga pesan personal yang pernah dikirim ke pengguna lainnya. 

(Tin/Ysl)

Loading
Artikel Selanjutnya
Fakta Kapolsek Kembangan Dimutasi karena Gelar Pernikahan di Tengah Wabah Corona
Artikel Selanjutnya
KPU Usul Perppu Penundaan Pilkada 2020 Tidak Tentukan Tahap Pemilihan