Sukses

Cara Melihat File Tersembunyi di Windows

Liputan6.com, Jakarta - Sistem operasi Windows memiliki sejumlah fungsi yang tidak terlalu diketahui banyak orang. Misalnya, menyembunyikan sejumlah folder dan opsi untuk mencegah hal-hal yang mungkin bisa terjadi karena ketidaktahuan atau ketidaksengajaan pengguna pemula.

Namun, kadang-kadang seseorang perlu mengakses file atau folder tersembunyi di Windows untuk melakukan berbagai trik atau mengubah pengaturan.

Dihimpun dari Make Use Of, Rabu (18/5/2016), inilah cara mudah untuk mengakses file atau folder tersembunyi di Windows 10, 8.x, atau 7.

Pertama, buka Windows Explorer dengan menekan Windows Key + E. Untuk Windows 7, di bawah menu Tools di bagian atas, pilih Folder options untuk mengakses kotak dialog pilihan folder. Untuk Windows 8 atau 10, perluas tab View Options dan pilih Options di sisi kanan.

Anda juga dapat mengakses kotak dialog ini dengan membuka menu atau layar Start dan mengetik Folder Options.

Selanjutnya, beralih ke tab View dan gulir ke bawah untuk menemukan `Show hidden files, folders, and drives`.

Di sini Anda juga dapat menghapus centang kotak Hide protected operating system files, jika Anda ingin melihatnya. Namun kebanyakan orang biasanya enggan melihatnya.

Perlu diingat, karena Anda dapat melihat file dan folder tersembunyi, Anda memiliki akses ke lokasi-lokasi yang dapat berisi informasi penting.

Jangan menghapus atau mengubah apa pun di dalamnya, kecuali Anda tahu persis apa yang Anda lakukan. Sebaiknya kembalikan lagi setelan ini seperti semula, ketika Anda selesai membuat perubahan.

(Why/Isk)