Sukses

Bikin Aplikasi Curhat, Mahasiswa Unair Diajak Google ke Jepang

Audrey menciptakan aplikasi Relieve App, di mana aplikasi ini memungkinkan pengguna dengan sharing permasalahan pribadi.

Liputan6.com, Jakarta - Google secara resmi mengumumkan hasil dari kompetisi `Satu Mulai` yang merupakan bagian dari peluncuran program Android One di Indonesia. Kompetisi `Satu Mulai` ini mengajak publik untuk mewujudkan ide kreatif mereka tentang bagaimana Internet bisa mendatangkan kemajuan bagi diri, lingkungan, dan bahkan negara.

Setelah melalui penjurian yang cukup ketat, Google mengumumkan bahwa Audrey Maximillian Herli, mahasiswa Sistem Informasi Universitas Airlangga, Surabaya, menjadi pemenang yang berhasil mendapatkan kesempatan untuk pergi ke kantor Google di Jepang dan mendapat mentoring lebih lanjut dari juri.

Audrey menciptakan aplikasi yang diberi nama Relieve App, di mana aplikasi ini memungkinkan pengguna dengan permasalahan pribadi untuk mendapatkan konsultasi online gratis dan solusi yang tepat dari para psikolog atau orang-orang yang berpengalaman secara anonim. Tonton video Relieve App di sini.

Menurut Enda Nasution, blogger yang juga menjadi salah satu juri di kompetisi ini, "Ide aplikasi Relieve App dibuat berdasarkan kebutuhan nyata berupa potensi untuk sharing di depan profesional, secara objektif, dan punya cakupan luas untuk berbagai hal seperti konsultasi masalah pribadi, keluarga, mencari pekerjaan hingga mentoring karier."

Kompetisi `Satu Mulai` dilaksanakan sejak tanggal 18 Maret 2015, dan setiap minggunya telah terpilih 3 pemenang yang mendapatkan satu unit smartphone Andorid One dari Google. Satu dari tiga pemenang mingguan ini mendapatkan kesempatan langka untuk menerima arahan langsung dari satu dari dua belas juri yang sudah ditunjuk oleh Google seperti Anji Drive, JFlow, Olga Lydia, Yosi Project Pop, dan Steny Agustaf.

"Kami sangat bangga melihat hasil-hasil yang masuk ke kompetisi `Satu Mulai` ini. 12 ide terbaik yang sudah terpilih sangatlah unik. Hal ini mendorong kami untuk selalu memberikan yang terbaik dan terdepan untuk membantu masyarakat agar dapat memaksimalkan teknologi untuk membuat sesuatu yang akan sangat berguna bagi sekitarnya," ujar Sandy Tantra, Consumer Marketing Manager Google Indonesia dalam keterangan resminya.

(dhi/isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.