Sukses

NASA Ujicoba Pesawat Listrik Bertenaga 10 Mesin

NASA tengah mengembangkan pesawat listrik bertenaga 10 mesin yang dapat lepas landas seperti helikopter.

Liputan6.com, Jakarta Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) tengah mengembangkan pesawat listrik bertenaga 10 mesin yang dapat lepas landas seperti helikopter.

Pesawat tersebut diberi nama Greased Lightning atau GL-10. Dilaporkan Mirror, Jumat (8/5/2015), transportasi udara itu saat ini masih berupa ptototipe. Pun demikian, GL-10 nanti bisa digunakan untuk membawa 4 penumpang, mengirim paket, dan pengawasan atau pemetaan. 

GL-10 telah diuji di dekat pusat penelitian NASA di Langley, Virginia. Hasilnya, pesawat ini dapat melayang dengan baik, tapi transisi dari vertikal ke depan `wing-borne' masih membutuhkan pengembangan lebih lanjut.

Selama dalam pengujian, GL-10 dapat terbang dengan baik hingga lima kali. Aerospace Engineer Bill Fredericks mengatakan bahwa pesawat ini empat kali lebih efisien dan aerodinamis dari helikopter.

"Kami sangat senang. Sekarang kami sedang bekerja untuk tahap berikutnya. Untuk menunjukkan bahwa konsep ini adalah empat kali lebih aerodinamis dan efisien dari helikopter," ujarnya.

(isk/dew)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini