Sukses

Kecepatan Internet Indosat di Balikpapan Capai 20,5 Mbps

Indosat mengklaim, modernisasi yang disediakannya bakalan menyajikan layanan data yang dimilikinya hingga maksimal 42 Mbps.

Liputan6.com, Balikpapan - PT Indosat Tbk (Indosat) kembali menjajal kualitas layanan telekomukasi miliknya yang telah merampungkan proses modernisasi jaringan. Indosat mengklaim, modernisasi yang disediakannya bakalan menyajikan layanan data yang dimilikinya hingga maksimal 42 Mbps.

Kali ini, ujicoba kualitas layanan telekomunikasi milik Indosat tersebut dilakukan di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur. Ujicoba dilakukan dengan cara beraktivitas di dunia maya seperti berselancar di internet, upload file berukuran besar maupun melihat video serta meonton live streaming berkualitas high definition (HD).

"Kualitas jaringan baru Indosat untuk layanan data maksimal mencapai 20,5 Mbps. Sedangkan rata-rata kecepatan download yang berhasil dicapai 5,9 Mbps melalui streaming YouTube berhasil tanpa putus," kata Joko Riswadi, Division Head Network Optimization Indosat di Balikpapan, Senin (16/3/2015).

Tim Tekno Liputan6.com mengujicoba kemampuan streaming video jaringan Indosat dengan menonton konten yang disediakan situs berbagi video, Vidio.com. Hasilnya, beberapa video yang ditonton berhasil ditayangkan tanpa buffering dan tampilannya berkualitas baik.

Pada pengujian kualitas layanan data, operator yang mengaku sebagai yang terbesar kedua di Kalimantan ini pun menjajal kualitas layanan suara HD Voice. Pengujian dilakukan dengan menggunakan metode MOS (Mean Opinion Score) yang memiliki skala maksimal 4-5.

"Hasil pengujian menunjukkan bahwa 17% area yang diukur menunjukkan hasil maksimal yaitu berskor 4-5, 76% area lainnya menunjukkan hasil baik dengan nilai 3-4, sisanya di bawah," ujar Joko yang memimpin proses pengujian kualitas jaringan Indosat di Balikpapan.

Layanan suara berkualitas HD Voice disebutkan Joko bisa dinikmati pelanggan Indosat yang juga menggunakan perangkat yang dilengkapi fitur dukungan HD Voice.

Saat ini, sudah terdapat lebih dari 330 model ponsel yang dilengkapi dukungan HD Voice yang akan menyajikan kualitas suara bening sewaktu melakukan panggilan telepon.

(den/isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini