Sukses

Lamban Tangani Hacker, Pengguna Hujat eBay di Twitter

Banyak pengguna yang menilai eBay sangat lamban dalam merespon aksi hacker tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Lebih dari 15 juta pengguna eBay di Inggris dilaporkan berisiko menjadi sasaran empuk hacker setelah data pribadi mereka dicuri. Sebagai langkah antisipasi, pada Kamis (22/5/2014) kemarin, eBay memperingatkan semua pelanggannya untuk tidak hanya mengubah password akun mereka di eBay, tetapi juga pada akun lain dengan password yang sama.

Namun sayang, banyak pengguna yang sudah terlanjur kecewa kepada eBay. Pasalnya menurut laporan resmi yang beredar, situs eBay sudah mengalami serangan hacker sejak dua minggu lalu. Banyak pengguna yang menilai eBay sangat lamban dalam merespon aksi hacker tersebut.

Menurut yang dilansir laman Daily Mail, Jumat (23/5/2014), banyak pengguna eBay yang mengungkapkan kekecewaannya via jejaring sosial microblogging Twitter. Sebagian besar dari mereka menyayangkan lambannya reaksi pihak manajemen eBay yang tidak secara langsung mengabari para pengguna melalui email.

Pemilik akun Twitter @ITGuaranteed berkicau: Ebay encourages users to change passwords after accounts hacked. Might pay to change your date of birth too. #ebayhack #identity

Ada pula pengguna lain yang mengatakan, @GothamTG : Why hasn't #ebay emailed customers about the attack? #ebayhack

Parahnya lagi, laporan yang dilansir Sidney Morning Herald menyebutkan bahwa banyak pengguna yang kesulitan mengubah password mereka. Mereka mengaku ketika mencoba memasukkan password baru, laman di situs eBay malah menunjukkan notifikasi 'page not available' atau 'laman tidak tersedia'.

Pihak eBay sendiri dikabarkan telah mengetahui permasalahan ini dan 'mengkambing-hitamkan' masalah tingginya trafik internet karena terlalu banyak pengguna yang mengakses situs mereka. eBay menyarankan agar para pengguna bersabar, dan terus mencoba.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.