Sukses

Tiap Karyawan WhatsApp Bakal Kantongi Rp 1,9 Triliun

Dari $ 16 miliar yang akan dibagikan kepada para pemilik perusahaan, karyawan awal WhatsApp bakal kecipratan kekayaan 1 persennya.

Liputan6.com, Jakarta Facebook telah membeli WhatsApp, perusahaan startup yang mengembangkan aplikasi mobile messaging dengan nilai sangat fantastis. WhatsApp ditebus $ 19 miliar (sekitar Rp 223 triliun, kurs $1 = Rp 12.750) oleh Facebook.

Nilai transaksi itu terdiri dari $ 12 milyar dalam bentuk saham, $ 4 miliar uang tunai, dan $ 3 miliar dalam bentuk hibah saham khusus yang akan diberikan kepada karyawan WhatsApp secara bertahan dalam empat tahun ke depan.

Kabarnya $ 12 milyar dalam bentuk saham dan $ 4 miliar uang tunai akan dibagikan kepada para pemilik perusahaan. Sedangkan $ 3 miliar saham khusus belum diketahui akan dibagi seperti apa.

Pasca diakuisisi Facebook, selain para pendiri perusahaan, para karyawan WhatsApp yang lain juga bakal ikut kecipratan mendapatkan rejeki. Menurut yang dilansir Business Insider, $ 12 miliar saham dan $ 4 miliar uang tunai akan dibagikan untuk para pemilik Whatsapp.

Nah, para karyawan Whatsapp ternyata memiliki sebagian kecil saham perusahaan. Forbes melaporkan karyawan awal WhatsApp memiliki saham ekuitas sekitar 1 persen.

Itu berarti, 1% dari $ 16 miliar, para karyawan awal WhatsApp masing-masing bakal mengantongi $ 160 juta atau sekitar Rp 1,9 triliun (asumsi kurs $1 = Rp 12.000).

WhatsApp Inc. didirikan pada tahun 2009 oleh Brian Acton dan Jan Koum, keduanya adalah mantan karyawan Yahoo!. Perusahaan ini mempekerjakan karyawan sebanyak 55 orang.

Diakuisisinya WhatsApp membuat pendirinya Koum dan Acton mendadak jadi miliuner. Koum yang lahir di Ukraina diketahui memegang sekitar 45% saham di perusahaan. Ia diperkirakan akan mengantongi kekayaan sekitar $6,8 miliar.

Sedangkan Acton yang pernah ditolak kerja di Facebook dan Twitter, memiliki saham diperkirakan lebih dari 20%. Ia diperkirakan memiliki kekayaan $ 3 miliar.

Baca juga:
Pendiri WhatsApp Dulu Pernah Ditolak Kerja di Facebook
Kecewa Dibeli Facebook, Pengguna Ancam Hapus WhatsApp
Pendiri WhatsApp, Miliarder yang Dibesarkan Kupon Makan Gratis
Saham BlackBerry Melonjak Pasca WhatsApp Dibeli Facebook
Beli WhatsApp Rp 223 Triliun, Apa Untungnya Buat Facebook?
WhatsApp Dipinang Facebook Dengan `Mahar`Rp 223 Triliun 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini