Sukses

Puluhan Perusahaan Lokal Ikuti Kegiatan Bursa Kerja di Pacitan, 600 Orang Ajukan Lamaran

Beberapa perusahaan yang terlibat dalam bursa kerja melakukan seleksi secara langsung menggunakan metode wawancara pendahulu.

Liputan6.com, Pacitan - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pacitan, Jawa Timur menggelar bursa kerja atau Job Fair 2024 yang diikuti puluhan perusahaan lokal, skala regional maupun nasional.

"Pacitan Job Fair 2024 diikuti 25 perusahaan, dengan rincian 14 perusahaan luar daerah dan 11 dari lokal Pacitan," kata Kepala Dinas Perdagangan dan Tenaga Kerja Pacitan Acep Suherman di Pacitan, Selasa (9/7/2024).

Bursa kerja yang dibuka mulai Selasa (9/7) hingga Rabu (10/7) di Gedung Gasibu Swadaya Pacitan itu pun menarik minat banyak pencari kerja yang rata-rata berusia muda, mulai lulusan SMA/SMK hingga sarjana dari berbagai penjuru Pacitan.

Tidak dijelaskan detail berapa lowongan kerja yang tersedia, namun berdasar jumlah kunjungan dan lamaran yang dilayangkan pada hari pertama kegiatan bursa kerja, sudah 600 pencari kerja yang mengajukan lamaran.

Beberapa perusahaan yang terlibat dalam bursa kerja melakukan seleksi secara langsung menggunakan metode wawancara pendahulu.

Bagi yang dinyatakan lolos pada seleksi interview bakal dipanggil Kembali untuk wawancara lanjutan di level HRD sebelum disodorkan kontrak kerja dalam jangka waktu tertentu yang diatur perusahaan bersangkutan.

Acep berharap bursa kerja kali ini efektif dalam menyerap tenaga kerja produktif yang ada di daerah itu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bazar UMKM

Kegiatan serupa dijadwalkan digelar secara berkala, dengan melibatkan banyak perusahaan yang ada di daerah itu maupun dari luar daerah.

"Ya kan bisa mengurangi angka pengangguran. Ada yang telah mendaftar secara daring maupun bisa langsung datang," kata Acep.

Selain Pacitan Job Fair juga digelar bazar UMKM serta Pameran Petani Milenial yang diikuti UPT PPP wilayah se-Kabupaten Pacitan.

Dalam pameran tersebut juga menampilkan berbagai produksi pertanian dan perkebunan serta pelayanan dan konsultasi kesehatan hewan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.