Sukses

Khofifah Respons Cak Imin soal Rahasia Calon di Pilkada Jatim: Biarkan Saja Tidak Apa-Apa

Mantan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa merespons ucapan Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin, yang merahasiakan calonnya di Pilkada Jatim karena khawatir ketahuan dirinya.

Liputan6.com, Surabaya - Mantan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa merespons ucapan Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin, yang merahasiakan calonnya di Pilkada Jatim karena khawatir ketahuan dirinya.

“Biarkan saja tidak apa apa, kita juga tidak tahu kalau satu atau dua ke depan yang dicalonkan siapa,” ujar Khofifah di Surabaya, Selasa (30/4/2024).

Khofifah juga mengaku tidak mempersoalkan pernyataan Cak Imin. Baginya sekarang lebih fokus pendekatan kepada parpol yang akan mengusung di Pilkada Jawa Timur nanti.

Khofifah juga tidak ambil pusing dengan pernyataan Cak Imin tersebut. Dinamika politik akan berjalan terus, sampai nanti saat pemilihan gubernur Jawa Timur, November nanti.

Bahkan, Khofifah dengan tegas menyatakan akan ada tiga parpol yang akan mendukung dirinya maju di pilgub. Komunikasi sudah dilakukan dengan tiga parpol tersebut.

Namun, Khofifah enggan menyebutkan nama nama parpol tersebut, sebelum dirinya menerima surat resmi dari parpol itu. “Komunikasi sudah dilakukan, tinggal menunggu saja surat rekomendasinya,” ucap Khofifah.

Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin sebelumnya menyatakan akan kerja sama dengan PPP untuk pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024 di berbagai daerah.

Cak Imin menyebut, partainya bersama PPP akan menyiapkan dan mencermati kader-kader terbaik untuk diusung maju di Pilkada 2024.

Namun, Cak Imin mengaku hingga kini kader-kader tersebut masih dirahasiakan terutama Pilkada Jatim. Sebab, dia takut ketahuan mantan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa yang juga akan maju kembali di Pilkada 2024.

"Pertama konsentrasi Pilkada Jatim tadi memang menyita waktu agak banyak dan hampir sepakat pokoknya kita harus mengusung seseorang, siapa dia? Ini masih rahasia, nanti kalau bocor ketahuan Khofifah bahaya," kata Cak Imin, sambil tertawa usai bertemu dengan PPP, di Kantor PKB, Jakarta, Senin (29/4/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Diumumkan Pada Waktu yang Tepat

Dia menegaskan, pada waktunya pihaknya akan mengumumkan sosok yang akan maju untuk bertarung di Pilkada 2024.

"Jangan dipancing soal nama pokoknya rahasia, yang akan diumumkan pada waktu yang tepat," ujar dia.

Lebih lanjut, Cak Imin mengungkapkan, pihaknya akan mengumpulkan seluruh tokoh-tokoh yang akan maju di Pilkada sekaligus melakukan beberapa proses seleksi.

"Kami akan mengumpulkan para pendaftar calon kepala daerah mulai tanggal 1-5. Tanggal 1 di Jakarta, 3 di Surabaya-Semarang, 4 Surabaya, 5 Makassar, 3 di Aceh. Jadi kita kumpulkan semua calon-calon itu. Kita mengumpulkan semuanya kita seleksi," ungkap dia.

"Semuanya kita beri peluang dan kesempatan tergantung hasil fit and proper test pada konteks visi-misi dan tentu saja peluang untuk memanfaatkan waktu pendek ini elektabilitasnya penting," imbuh Cak Imin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.