Sukses

Eddy Supriyanto Dilantik Jadi Pj Wali Kota Madiun Gantikan Maidi

Kepada Eddy Supriyanto yang menggantikannya, Pj Gubernur Jatim Adhy Karyono menekankan sejumlah arahan yang membutuhkan fokus Pj Walikota segera.

Liputan6.com, Madiun - Penjabat (Pj) Gubernur Jatim Adhy Karyono melantik Eddy Supriyanto sebagai penjabat ( Pj) Wali Kota Madiun menggantikan Maidi yang habis masa jabatannya.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada Pak Maidi dan Bu Inda Raya atas pengabdiannya sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Madiun periode 2019-2024," kata Adhy Karyono saat pelantikan di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Senin 29 April 2024.

Kepada Eddy Supriyanto yang menggantikannya, Pj Gubernur Jatim Adhy Karyono menekankan sejumlah arahan yang membutuhkan fokus Pj Walikota segera.

"Paling utama adalah mengawal proses Pemilihan Kepala Daerah atau Pilkada di Kota Madiun agar kondusif," ujarnya.

Eddy Supriyanto dilantik sebagai Pj Wali Kota Madiun berdasarkan Keputusan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor: 100.2.1.3-964 Tahun 2024 tanggal 19 April 2024 tentang Pengangkatan Penjabat Wali Kota Madiun, Provinsi Jatim.

Adhy mengingatkan agar Pj Wali Kota Eddy bekerja sesuai dengan ketentuan, terutama terkait pembatasan kewenangan yang ditetapkan oleh Menteri Dalam Negeri pada Rapat Koordinasi Penjabat Kepala Daerah tanggal 27 Maret 2024.

"Jadi tugas dan kewenangan Pj Wali Kota sama dengan kepala daerah terpilih. Namun ada pembatasan kewenangan, seperti tidak boleh melakukan perubahan-perubahan terkait dengan kepegawaian serta kebijakan-kebijakan. Kecuali ada ijin tertulis dari Menteri Dalam Negeri," tuturnya.

Usai dilantik, Eddy Supriyanto menyatakan optimistis Kota Madiun dapat melewati Pilkada 2024 dengan aman sebagaimana terselenggaranya Pemilihan Umum (Pemilu) Presiden dan Legislatif pada Februari lalu.

Meski begitu mengaku akan senantiasa waspada terhadap segala potensi tantangan. "Pertama yang akan kami lakukan adalah memperkuat sinergi dengan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah dan juga semua elemen masyarakat di Kota Madiun," katanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Berharap Pilkada Kota Madiun Lancar

Eddy berharap Pemilu yang aman, nyaman dan kondusif di Kota Madiun dapat kembali diwujudkan saat penyelenggaraan Pilkada mendatang.

"Kami berpesan kepada semua elemen masyarakat di Kota Madiun untuk terus mendukung Indonesia dan Jatim yang aman, nyaman dan bersih," ucapnya.

Eddy Supriyanto merupakan Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Jawa Timur. Meski begitu, Kota Madiun bukan daerah baru baginya. Alumnus S2 Pengembangan SDM, Universitas Airlangga ini pernah menjabat sebagai Kepala Badan Koordinasi Wilayah (Bakorwil) Madiun selama satu tahun. Yakni, dari 2021 hingga 2022. Selain itu, Eddy juga berasal dari Desa Jatisari, Geger, Kabupaten Madiun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.