Sukses

Survei ARCI: Elektabilitas Khofifah Unggul di Pilkada Jatim 2024, Lewati Cak Imin dan Risma

Elektabilitas Khofifah Indar Parawansa unggul jauh dalam bursa bakal calon gubernur di Pemilihan Kepala Daerah Jawa Timur (Pilkada Jatim) 2024.

Liputan6.com, Surabaya - Elektabilitas Khofifah Indar Parawansa unggul jauh dalam bursa bakal calon gubernur di Pemilihan Kepala Daerah Jawa Timur (Pilkada Jatim) 2024.

"Hasil survei, elektabilitas Gubernur Jatim periode 2019 - 2024 itu berada di angka 39,2 persen. Di bawahnya adalah Wagub Jatim 2019-2024 Emil Elestianto Dardak di angka 16,7 persen, lalu Ketua Gerindra Jatim Anwar Sadad di angka 9,5 persen," kata Direktur ARCI Baihaki Sirajt memaparkan hasil survei Top of Mind bakal calon Gubernur di Pilkada Jatim 2024, di Surabaya, Rabu 27 Maret 2024.

Selain itu, elektabilitas Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini sebesar 9,4 persen, kemudian Ketua Golkar Jatim sekaligus Wakil Ketua Komisi VI DPR RI M Sarmuji 8,2 persen, serta Bupati Sumenep Ahmad Fauzi 7,8 persen. 

"Dalam survei ini, responden yang belum menjawab sebanyak 9,2 persen," ujar Baihaki.

Pada periode yang sama, ARCI juga menggelar survei simulasi enam nama Bakal Calon Gubernur di Pilkada Jatim 2024. 

Hasilnya elektabilitas Khofifah semakin menguat yakni 41,5 persen. Jauh di bawahnya adalah Muhaimin Iskandar atau Cak Imin di angka 17,2 persen, Tri Rismaharini 11,3 persen, Anwar Sadad 10,5 persen, Sarmuji 8,2 persen dan Ahmad Fauzi 8,1 persen. Sementara sebanyak 3,2 persen responden belum menentukan pilihan.

"Selain itu, dalam survei simulasi enam nama tertutup, elektabilitas Khofifah semakin menguat di atas 40 persen. Sementara Cak Imin yang sejak awal Maret diisukan maju di Pilkada Jatim mendapat respons cukup positif di masyarakat, meski belum kompetitif untuk melawan Khofifah, termasuk Mensos Risma belum bisa menandingi Khofifah," kata Baihaki, menjelaskan.

Survei tersebut digelar 15-23 Maret 2024 dengan jumlah 1.200 responden. Menggunakan metode stratified multistage random sampling, survei ARCI memiliki margin of error 2,8 persen dengan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen, serta 25 persen kuesioner dilakukan quality control.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Emil Dardak Cawagub Terkuat

Baihaki mengungkapkan, Emil Elestianto Dardak memiliki elektabilitas tertinggi sebagai Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Jatim dengan skor 35,4 persen. Sedangkan, posisi kedua diduduki bupati Sumenep Achmad Fauzi Wongsojudo dengan elektabilitas 19,2 persen.

“Dari hasil survei yang kami potret Emil Dardak dan Achmad Fauzi adalah tokoh yang punya elektabilitas tertinggi sebagai Cawagub Jatim. Emil Dardak di angka 35,4 persen ditempel Achma Fauzi di elektabilitas 19,2 persen,” ucapnya.

Baihaqi mengatakan, untuk posisi ketiga ditempati oleh kader PKB Ana Muawana dengan elektabilitas 13,7 persen. Sedangkan Menpan RB Azwar Anas diposisi keempat dengan elektabilitas 12,3 persen, disusul caleg terpilih Partai Golkar Heru Tjahjono 7,4 persen, Sri Rahayu 5,7 persen, Bayu Airlangga 4,2 persen dan sisanya 2,1 persen tidak menjawab.

“Jadi sebagian besar responden sudah menentukan pilihan. Dan yang tidak menjawab prosentasenya kecil,” tambahnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.