Sukses

Masjid Al Akbar Surabaya Targetkan Sejuta Jemaah pada Ramadan Tahun Ini, Siapkan Hadiah Motor Gratis

Sekretaris BPP Masjid Al Akbar Surabaya Helmy M Noor mengatakan, target tersebut didapat karena setiap datangnya Bulan Suci selalu banyak pengunjung yang datang baik sendiri atau bersama keluarga di masjid seluas 22.300 meter persegi tersebut.

Liputan6.com, Surabaya - Badan Pelaksana dan Pengelola (BPP) Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya (MAS) menargetkan satu juta jamaah atau pengunjung pada Ramadan 1445 Hijriah.

Sekretaris BPP Masjid Al Akbar Surabaya Helmy M Noor mengatakan, target tersebut didapat karena setiap datangnya Bulan Suci selalu banyak pengunjung yang datang baik sendiri atau bersama keluarga di masjid seluas 22.300 meter persegi tersebut.

Selain itu, banyak kegiatan yang akan diselenggarakan di Masjid Al Akbar, di antaranya Ngaji Ngabuburit, takjil dan buka puasa gratis, kuliah subuh, tarawih, Tadarus Al-Quran, Qiyamul Lail, Nuzulul Quran hingga lomba-lomba.

"Tidak lupa yang membuat Masjid Al Akbar Surabaya didatangi juga ada tempat menarik seperti Taman Asmaul Husna, Taman Peradaban, urban farming, menara 99 meter, edu park dan spor lainnya yang bisa membuat jamaah nyaman berkunjung di sini," ujar Helmy, Selasa (12/3/2024).

Pihaknya menyediakan fasilitas tersebut, untuk membuat pengunjung merasa nyaman, baik untuk beribadah maupun berwisata.

"Ibadahnya oke, iktikaf juga oke dan wisatanya oke, karena saat ini bonus demografi Indonesia ini banyak anak muda, kalau kami tidak menyesuaikan dengan zaman, maka tidak akan diperhatikan," katanya.

Hal tersebut, lanjutnya, juga sebagai upaya untuk meningkatkan syiar Agama Islam dengan mendekatkan diri di masjid.

"Kalau semua dipenuhi, pengunjung tidak akan bosan, mau ibadah bisa wisata juga bisa, jadi tidak akan terasa kalau sudah waktunya berbuka, kami juga sudah memperbarui air mancur dengan lampu-lampu yang bagus juga," tuturnya.

Tak hanya itu, kata dia, para jamaah juga berkesempatan untuk mendapatkan hadiah sepeda motor gratis pada kegiatan Ngaji Ngabuburit.

"Teknisnya nanti setiap yang ikut Ngaji Ngabuburit akan mendapat kupon, dan kupon itu akan diundi di akhir Ramadhan pada malam ke-27, jadi bisa dapat ilmu dan mendapat sepeda motor juga," kata Helmy.

Oleh karena itu, pihaknya berharap agar masyarakat memanfaatkan momen Ramadhan dengan kegiatan yang positif di Masjid Al Akbar Surabaya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tarawih Perdana Lancar

Belasan ribu umat Islam melaksanakan ibadah shalat tarawih pertama pada momen 1 Ramadhan 1445 Hijriah di Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya (MAS), Senin malam 11 Maret 2023.

"Sesuai ketetapan dari pemerintah untuk hari ini Masjid Al-Akbar menggelar pelaksanaan shalat tarawih, untuk jamaah hitungannya 15 ribuan jamaah," kata Humas MAS Helmy M Noor.

Helmy menyebut hitungan belasan ribu jamaah itu melihat pada tingkat kepadatan yang muncul selama pelaksanaan ibadah shalat tarawih di hari perdana.

"Di dalam masjid itu penuh sampai shaf tidak cukup, jamaah shalat sampai di serambi," ujarnya.

Jamaah yang mengikuti ibadah tarawih tak hanya warga Kota Surabaya, namun juga datang dari beberapa daerah di Jawa Timur, seperti Kabupaten Gresik, Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Madiun, hingga Pulau Madura.

"Jamaah yang datang mayoritas anak muda dan keluarga. Kami memperkirakan karena faktor libur cuti bersama dan ini juga hari pertama," ucapnya.

Dia menambahkan meski dipadati jamaah, pelaksanaan tarawih berjalan lancar dan kondusif.

"Kami juga siagakan dua ambulans dan Alhamdulillah tidak ada kejadian apapun," ucapnya

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.