Sukses

Kelezatan Keripik Pisang Agung Lumajang Bikin Iriana Jokowi dan Arumi Bachsin Kepincut

Ibu Negara yang juga Pembina Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Iriana Joko Widodo kepincut dengan pisang agung dan olahan keripik pisang agung yang ditampilkan di stan pameran produk unggulan Lumajang di Surabaya.

Liputan6.com, Lumajang - Ketua Dekranasda Lumajang Rahayu Agus Triyono menyatakan, Ibu Negara yang juga Pembina Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Iriana Joko Widodo kepincut dengan pisang agung dan olahan keripik pisang agung yang ditampilkan di stan pameran produk unggulan Lumajang di Surabaya.

"Alhamdulillah, beliau (Ibu Iriana Jokowi) dan Ibu Arumi terpikat dengan pisang agung dan camilan berupa keripik pisang yang menggunakan pisang agung khas Kabupaten Lumajang," katanya, Sabtu (28/10/2023), dikutip dari Antara. 

Menurut dia, Kabupaten Lumajang terkenal dengan julukan Kota Pisang mengingat kabupaten tersebut merupakan penghasil berbagai jenis pisang dan yang paling terkenal adalah pisang agung.

Karakteristik pisang agung sendiri memiliki batang yang berwarna merah dan ukuran buah yang lebih besar dibandingkan dengan jenis pisang lainnya, sehingga cocok untuk dijadikan olahan keripik pisang khas Lumajang.

"Potensi pisang agung di Kabupaten Lumajang sangat luar biasa, bahan bakunya melimpah dan olahan hasil keripik yang diproduksi menggunakan pisang agung memberikan daya tarik tersendiri," katanya.

Rahayu berharap dengan kehadiran Ibu Iriana dan Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE KIM) maka produk-produk dekranasda di Lumajang khususnya bisa lebih dikenal oleh masyarakat luas dan bisa meningkatkan kemandirian para pengrajin.

"Dengan adanya kunjungan maupun pameran produk itu, ke depannya produk dekranasda bisa lebih maju, lebih bisa dikenal, juga bisa lebih mandiri untuk memasarkannya," ujarnya.

Iriana Jokowi bersama anggota OASE KIM meninjau sejumlah hasil karya dan kreasi dari Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) se-Jawa Timur di Griya Karya Surabaya, Gedung Siola, Kota Surabaya, Jawa Timur, pada Kamis (26/10).

Ibu Negara bersama rombongan menghampiri sejumlah stan untuk melihat dan sebagian membeli produk unggulan dari beberapa dekranasda di Jawa Timur yang ikut dalam pameran tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bersihkan Pantai Kenjeran Surabaya

 

Dalam kunjungannya ke Jati, Iriana jugamenggelar kegiatan menanam bibit pohon dan membersihkan Pantai Kenjeran Surabaya.

Bibit pohon yang ditanam di taman yang diresmikan oleh Wali Kota Surabaya saat dijabat Tri Rismahirini pada 29 Maret 2019 tersebut adalah "Ketapang Kencana" atau "Terminalia mantaly" yang merupakan tanaman vegetasi pantai.

Kegiatan dilanjutkan dengan bersih-bersih Pantai Kenjeran yang berlokasi tepat di belakang Taman Suroboyo, yang dibantu oleh anak-anak dari sekolah dasar (SD) asal wilayah setempat.

"Jangan buang sampah sembarangan. Kan sudah disediakan tong sampah. Sampah berserakan kayak gini ini kan gak bener," tutur Ibu Wali Kota Solo dan Bakal Calon Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka itu.       

Melalui kegiatan ini, Ibu Negara Iriana Jokowi bersama ibu-ibu OASE KIM mengajak masyarakat untuk mencintai dan peduli serta menjaga kebersihan lingkungan. 

Khususnya di Surabaya, mengimbau agar masyarakat menjaga kebersihan Pantai Kenjeran yang telah menjadi salah satu ikon Kota Pahlawan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.