Sukses

Keseruan Warga Jember Berebut 2.023 Gunungan Durian, Dukung Petani Lokal Berkembang

Bupati Jember Hendy Siswanto membagikan durian tersebut gratis kepada warga yang hadir dalam acara syukuran tersebut.

Liputan6.com, Jember - Petani durian di Kecamatan Sumberjambe Jember, menggelar syukuran atas panen raya yang melimpah. Syukuran tersebut digelar terbuka di Alun-alun Jember dengan membuat gubungan durian dengan total 2.023 buah durian.

Bupati Jember Hendy Siswanto membagikan durian tersebut gratis kepada warga yang hadir dalam acara syukuran tersebut.

“Ini merupakan upaya Pemkab Jember memperkenalkan kekayaan lokal Jember berupa durian, dan durian di sini enak, wajib datang ke Jember menimati durian di sini ,”ujarnya, Senin (6/3/2023).

Dalam acara syukuran ini, dua varietas durian Jember telah terdaftar di Kementan RI. Kedua varietas durian itu raung Jambe dan Jambearum asal Kecamatan Sumberjambe.

“Sejauh ini ada dua varietas yang sudah terdaftar di kami, yaitu raungjambe dan Jambearum, selebihnya belum terdaftar di kami,”ujar Kepala Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Perizinan Pertanian Lely Nuryati.

Lely memberikan dukungan kepada petani lokal untuk terus bertumbuh dan mampu membangkitkan perekonomian masyarakat Indonesia melalui pertanian.

Pihaknya mendapat informasi bahwa di Kabupaten Jember terdapat 30 jenis varietas durian, sehingga diharapkan puluhan varietas lokal tersebut juga menyusul untuk didaftarkan ke kementerian agar mendapatkan sertifikat.

“Banyak varitas durian tersebut merupakan kebanggaan tersendiri bagi warga Jember, sehingga perlu secara resmi untuk didaftarkan kepada Perlindungan Varietas Tanaman dan Perizinan Pertanian," ujarnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sertifikat Bagian dari Perlindungan

Lely menambahkan, pemberian tanda daftar itu sebagai bagian dari perlindungan dan pelestarian varietas tanaman durian.

“Setelah didaftarkan dan mendapatkan sertifikat maka harus dilakukan pelepasan, agar dapat dikomersialkan untuk meningkatkan pendaftaran warga Jember,” pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.