Sukses

1.658 KK Penyintas Erupsi Gunung Semeru Terima Kunci Hunian Tetap

Sebanyak 1658 kepala keluarga (KK) penyintas erupsi Gunung Semeru sudah menerima kunci hunian tetap di lokasi relokasi di Desa Sumbermujur, Lumajang yang dilakukan secara bertahap.

Liputan6.com, Lumajang - Pemerintah Kabupaten Lumajang kembali menyerahkan kunci hunian relokasi kepada 266 kepala keluarga (KK) penyintas erupsi Gunung Semeru tahap kesepuluh relokasi di Bumi Semeru Damai di Desa Sumbermujur, Kecamatan Candipuro, Lumajang.

Saat ini, sudah 1.658 kepala keluarga (KK) penyintas Gunung  Semeru sudah menerima kunci hunian tetap di lokasi relokasi di Desa Sumbermujur, Lumajang yang dilakukan secara bertahap.

Kepala Pelaksana BPBD Lumajang Patria Dwi Hastiadi menyatakan, penyerahan kunci memang dilakukan  bertahap karena ada beberapa faktor dan tahapan administrasi yang perlu dilaksanakan, sehingga penerima kunci diverifikasi berdasarkan kesesuaian dengan data administrasi kependudukan (adminduk) Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Lumajang

“Untuk data penerima hunian tetap disesuaikan dengan data adminduk dari Dispendukcapil kemudian disesuaikan dengan data di lapangan,” tuturnya.

Jika sudah sesuai, maka yang berhak menerima hunian tetap dan hunian sementara akan diberikan kuncinya, sehingga permasalahan- permasalahan yang terjadi akan dikoordinasikan bersama perangkat desa dan kecamatan.

Ia mengatakan, pemberikan kunci masih dipiroritaskan untuk warga yang berada pada zona merah, peta kawasan rawan bencana (KRB) erupsi Gunung Semeru.

“Prioritas untuk warga yang khususnya di daerah zona merah sesuai peta KRB yang dikeluarkan oleh PVMBG akan didahulukan untuk menempati hunian tetap dan hunian sementara yang merupakan prioritas dari Pemkab Lumajang,” pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.