Sukses

Kereta Museum dan Kafe Bakal Jadi Tempat Pariwisata Baru di Kota Madiun

Konsep yang dibuat dari kereta museum dan kafe tersebut adalah gabungan antara wisata, restoran, kafe, dan pendidikan.

Liputan6.com, Madiun PT INKA (Persero) membuat kereta museum dan kafe Arum Dalu sebagai sarana edukasi dan tempat wisata baru di Kota Madiun, Jawa Timur.

Kereta museum Arum Dalu terletak di kawasan gedung kantor PT INKA bagian depan, Kota Madiun. Wahana baru ini diharap mampu menjadi daya tarik pariwisata baru di wilayah setempat.

Senior Manager PKBL, CSR, dan Stakeholder Relationship PT INKA (Persero) Bambang Ramadhiarto mengatakan kereta museum dan kafe tersebut dibuat dari kereta prototipe "Si Belo Kuda Troya" yang merupakan produk pertama buatan perseroan sekitar 1982.

"Kereta museum ini nantinya berfungsi sebagai tempat belajar, selain itu juga kafe dan restoran. Jadi tamu yang berkunjung bisa mampir. Di dalam sini juga ada bioskop atau mini teater yang berisi film dokumenter atau video tentang sejarah perkeretaapian maupun ilmu perkeretaapian," ujar Bambang di Madiun, Rabu, 1 September 2021, dilansir dari Antara.

Ia menjelaskan, konsep yang dibuat dari kereta museum dan kafe tersebut adalah gabungan antara wisata, restoran, kafe, dan pendidikan. Hal itu bertujuan untuk meningkatkan kecintaan masyarakat terhadap kereta api.

"Selain itu juga mengajak masyarakat agar mereka bisa mengetahui sejarah perkeretaapian di Indonesia," kata dia.

PT INKA menginginkan agar inovasi tersebut ke depan mampu mendongkrak perekonomian yang terpuruk, sekaligus sebagai bentuk dukungan perseroan selaku BUMN untuk menciptakan destinasi wisata baru di wilayah Kota Madiun.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sinergi dengan Bus Wisata

Sedangkan, kereta museum dan kafe tersebut juga akan bersinergi dengan armada bus wisata milik Pemkot Madiun sehingga nantinya lokasi itu bisa dikunjungi sebagai destinasi wisata edukasi di wilayah setempat.

"Jadi ini untuk masyarakat umum. Peresmiannya sudah dilakukan oleh Direktur Utama PT INKA (Persero) pada 29 Agustus 2021 sekaligus peringatan HUT INKA ke-40," katanya.

Sementara itu, di lokasi setempat juga disediakan tempat khusus bagi pelaku UMKM binaan PT INKA untuk memasarkan produk.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.