Sukses

Resep Melly Goeslaw Bikin Soundtrack Laris, Berkali Baca Naskah dan Dialog Agar Halusinasi Tinggi

Dijuluki Ratu Soundtrack Indonesia, Melly Goeslaw punya resep khusus menulis lagu tema film. Resep ini dibongkar merilis soundtrack Ipar Adalah Maut.

Liputan6.com, Jakarta Dijuluki Ratu Soundtrack Indonesia, Melly Goeslaw punya resep khusus saat menulis lagu tema film. Resep ini dibongkar pernulis lagu “Ayat-ayat Cinta” dan “Sampai Menutup Mata” saat memperkenalkan soundtrack film Ipar Adalah Maut.

Melly Goeslaw rupanya lebih suka baca dialog dalam skenario berkali-kali. Menurutnya, naskah film merangsang imajinasi dan membuat halusinasinya meninggi. Dari situ, terlintas melodi dan lirik untuk diracik.

“Kalau saya disuguhkan skrip seneng banget baca. Daripada novel atau apa, saya senang baca skrip karena ada dialognya. Saya halusinasi-nya lebih tinggi kalau baca skrip bisa baca berkali-kali,” kata Melly Goeslaw.

Membaca naskah berkali-kali membuat pelantun “Jika” dan “Bagaikan Langit” larut dalam konflik hingga menjiwai apa yang terjadi pada para tokoh. Dari situ, tercetus ide menulis lagu dari berbagai sudut pandang.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Didedikasikan Untuk Filmnya

Kepada jurnalis di Jakarta, Jumat (15/3/2024), Melly Goeslaw mengaku hal yang sama terjadi saat menulis lagu “Tak Pantas” yang jadi soundtrack film Ipar Adalah Maut karya sineas Hanung Bramantyo. “Tak Pantas” dibawakan Mytha Lestari.

“Dari situ jadi menjiwai apa yang ada dalam cerita film. Kalau (bikin) lagu tema, kita harus dedicated dengan filmnya. Kita harus bayangkan audionya ini akan didengar di layar segede itu dengan sound segede itu,” ia menyambung.

3 dari 4 halaman

Gampang-gampang Sulit

Tantangan lain, soundtrack biasanya juga muncul saat film selesai dan credit title merayap. Karenanya, dibutuhkan lagu dengan aransemen lebih megah. Yang ini pun tak luput dari perhatian Melly Goeslaw dan sang suami, Anto Hoed.

“Pastinya ada di credit title jadi harus gede megah. Menyiasatinya memang gampang-gampang sulit,” cetus Melly Goeslaw lalu menambahkan, “Butuh pemikiran yang lebih kuat jika dibandingkan dengan membuat lagu biasa.”

 

4 dari 4 halaman

Oh Ternyata Viral di Medsos

Film Ipar Adalah Maut diproduksi MD Pictures dengan bintang Deva Mahenra dan Michelle Ziudith dari utas viral Eliza Sifaa. Meski kisahnya viral di jagat maya, Melly Goeslaw dalam menulis lagu tetap setia membaca naskah.

“Jadi saya baca cerita ini pertama kali dari naskah baru setelah itu tahu: Oh ternyata ini ceritanya lagi viral di medsos. Waktu dikasih tahu ini viral saya makin enggak mau baca, karena enggak mau terdistraksi. Fokus saja ke skenario,” pungkasnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini