Sukses

6 Lagu Indonesia Tentang Alat Komunikasi Ini Hit Banget: Ada Radio dari Sheila on 7, SMS hingga Facebook

Alat komunikasi bisa dijadikan tema atau judul lagu hit penanda zaman. Ada “Suratku” karya Yovie Widianto untuk Hedi Yunus hingga “Radio” milik Sheila on 7.

Liputan6.com, Jakarta Ada sejumlah lagu Indonesia yang memotret fenomena alat komunikasi dengan melodi dan lirik asyik. Bahkan, tak sedikit yang menjadi hit besar menandai sebuah era atau zaman.

Salah satunya “Radio” milik Sheila on 7. Sebelumnya, ada surat yang ditulis Yovie Widianto dalam lagu “Suratku.” Dinyanyikan Hedi Yunus, lagu ini meledak di dekade 1990-an.

Pencinta musik dangdut, tentu ingat fenomena “SMS” dari Trio Macan. “SMS” sempat jadi lagu wajib putar di radio dan kerap muncul di TV lengkap dengan goyang kibas rambut khas Trio Macan.

Di era medsos, GIGI punya lagu “My Facebook,” situs jejaring sosial yang belakangan jadi alat komunikasi kekinian. Laporan khas Showbiz Liputan6.com akhir pekan ini menghimpun 6 lagu Indonesia tentang alat komunikasi. Cek, yuk!

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Suratku (Hedi Yunus, 1994)

“Kekasih, terbacakah tulisan hatiku? Saat langkah mulai tak sejalan...,” keluh Hedi Yunus di awal “Suratku” karya Yovie Widianto. Saat ponsel masih jadi barang eksklusif, surat media komunikasi paling populer dengan opsi pengiriman dari kilat hingga kilat khusus. Ingat, kan?

Kini, kondisi berbalik. Surat ditinggalkan. Ponsel hampir dimiliki setiap orang. Lagu ini jadi saksi bahwa ada era di mana secarik kertas berisi kabar terkini atau curahan isi hati menjadi barang paling ditunggu muda-mudi. Ini hit terbesar Hedi Yunus yang belum tertandingi.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 7 halaman

2. Radio (Sheila on 7, 2006)

Sejarah mencatat peran Radio Hoso Kyoku (kini dikenal sebagai RRI) dalam menyebarkan kabar proklamasi kemerdekaan RI pada 17 Agustus 1945. Hingga kini, radio menjadi alat komunikasi yang tak tergerus kemajuan teknologi. Sheila on 7 mengamini peran penting ini.

“Lewat radio aku sampaikan kerinduan yang lama terpendam. Terus mencari biar musim berganti, radio cerahkan hidupnya,” ungkap Duta vokalis Sheila on 7. Anda yang menikmati masa remaja di era 1990-an tentu pernah kirim atau dapat salam lewat radio, kan? Cieee…

4 dari 7 halaman

3. Telepon Aku (Sandy Canester, 2012)

Kredibilitas Sandy Canester sebagai singer songwriter menguat saat melepas album Colour Box bersama Aquarius Musikindo. Salah satu hitnya, “Telepon Aku,” mengisahkan jatuh cinta pada pandangan pertama di sebuah lounge lalu meninggalkan nomor telepon buat si dia.

“Aku ingin kau tahu, aku suka padamu, coba titip pesan untukmu: Telepon aku, 727 enam kali,” ia melantun. Di balik lirik jenaka ini, pencinta musik teringat telepon sebagai alat komunikasi yang ada di rumah orang-orang kaya. Popularitasnya kini dilindas ponsel.

 

5 dari 7 halaman

4. Ti Di Dit (Sweet Martabak, 1997)

Hampir dapat dipastikan, yang kenal pager pasti sudah berumur. Di era 1990-an, ada masa di mana anak gaul punya pager, alat komunikasi (yang bisa dibawa ke mana-mana) untuk kirim atau menerima pesan. Saat menerima pesan, terdengar notifikasi berupa nada dering ikonis.

“Ti Di Dit” merujuk pada bunyi nada saat ada pesan masuk di pager. Lirik lagu dari album kompilasi Pesta Rap 3 ini mengisahkan seseorang kesal karena dapat pesan nyasar via pager: Ti di dit pagerku berbunyi, kulihat wekerku jam sembilan pagi. Lo, kok yang ngirim Cindy?

6 dari 7 halaman

5. SMS (Trio Macan, 2007)

Barangkali ini lagu tentang alat komunikasi paling populer. Bait pertama “SMS” dari Trio Macan berisi gugatan terhadap kekasih yang menerima pesan singkat via ponsel bernada romantis dari sosok tak dikenal. Lalu, muncul kecurigaan si ayang main gila di belakang.

Bang, SMS siapa ini bang? Bang, pesannya pakai sayang-sayang. Bang, nampaknya dari pacar abang. Bang, hati ini mulai tak tenang. Begitu lirik awalnya. Puncak kecurigaan dalam lagu ini berisi kebijakan sepihak, “Mulai dari sekarang, HP aku yang pegang!” Nah, lo…

7 dari 7 halaman

6. My Facebook (GIGI, 2009)

Di medsos apapun bisa terjadi. Termasuk bertemu mantan pacar, seperti pengakuan Armand Maulana dalam “My Facebook,” berikut ini: Berawal dari facebook baruku, kau datang dengan cara tiba-tiba. Bekas kekasih lama yang hilang, satu dari kekasih yang terbaik.

Facebook, Instagram, X, atau apapun itu memungkinkan Anda bertemu orang tak terduga. Dalam kasus “My Facebook,” dikisahkan, bertemu mantan pacar saat sudah punya pasangan. Kalau sudah begini, kendali ada di tangan Anda. Mau mengulang masa lalu atau menatap ke depan?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini