Sukses

Anies Baswedan Janjikan Masyarakat Aceh Keadilan dengan Cara Mempercepat Pembangunan sebagai Prioritasnya Andai Terpilih jadi Presiden RI

Di atas mimbar, Anies Baswedan secara lantang berorasi dalam menyuarakan hal-hal yang harus dibenahi di Aceh.

Liputan6.com, Jakarta Anies Baswedan sedang berada di Aceh sambil didampingi istrinya, Fery Farhati, pada Rabu (1/11/2023). Kunjungan Anies Baswedan ini dilakukan dalam rangka silaturahmi dengan warga sekitar. Capres dari Koalisi Perubahan tiba di Bandara Malikussaleh, Aceh Utara.

Selama kunjungan, Anies Baswedan mengenakan baju koko putih serta celana hitam dan peci. Ia mendapat sambutan meriah oleh para simpatisan dan relawan setempat. Setelah itu, Anies Baswedan berorasi di Lapangan Bumi Gas Tanah Luas, Aceh Utara.

Di atas mimbar, Anies Baswedan secara lantang berorasi dalam menyuarakan hal-hal yang harus dibenahi di Aceh. Salah satunya adalah terkait keadilan yang disebutnya masih belum sepenuhnya berpihak kepada masyarakat Aceh.

"Republik ini berutang luar biasa besar kepada Aceh dan utang itu belum sepenuhnya dilunasi kepada Aceh. Karena itu ke depan kita ingin memastikan bahwa undang-undang kekhususan Aceh bisa kita lanjutkan dan kita pastikan semua anggaran yang menjadi hak warga Aceh bisa dikembalikan," ujar Anies Baswedan menyampaikan, mengutip kanal YouTube Muhar Abdullah Puteh.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Anies Baswedan Tegaskan Pentingnya Keadilan Bagi Masyarakat Aceh

Dalam kesempatan bersama wartawan, Anies Baswedan juga menyampaikan bahwa Aceh sudah memperjuangkan kemerdekaan sebelum negara ini merdeka.

Aceh juga disebut oleh Anies sebagai provinsi kaya raya dengan sumber daya alamnya. Namun hingga hari ini, masih terasa ketimpangan dalam kesejahteraan di masyarakat Aceh.

"Saya datang ke sini untuk menyapa masyarakat Aceh, dan kembali menyampaikan kami berkomitmen menghadirkan keadilan, kesejahteraan, khususnya untuk masyarakat Aceh,” ujar Anies Baswedan di Lapangan Bumi Gas di Tanah Luas, Kabupaten Aceh Utara, Rabu (1/11/2023), mengutip Antara News.

"Aceh ini sebuah masyarakat yang memiliki kontribusi besar pada Republik Indonesia... Justru di sini kita merasakan ada banyak pembangunan yang tidak berjalan cepat, pembangunan yang tidak dirasakan oleh semua. Jadi kami prioritaskan untuk mempercepat pembangunan di Aceh," kata Anies.

 

3 dari 4 halaman

Anies Baswedan Tegaskan Pentingnya Undang Undang Pemerintah Aceh

Anies Baswedan juga menekankan pentingnya UU Nomor 11 Tahun 2006 tentang Pemerintah Aceh (UUPA) yang perlu dilaksanakan dengan baik agar program yang tertuang di dalamnya bisa segera terwujud. Termasuk di antaranya perihal dana otonomi khusus (Otsus) Aceh.

"UUPA perlu dilaksanakan. Kami mengusahakan saja yang terbaik (mengenai dana otonomi khusus Aceh)," ujar Anies Baswedan menegaskan.

 

4 dari 4 halaman

Anies Baswedan Dapat Dukungan dari Partai Lokal Aceh

Momen penting lainnya dalam kunjungan ini adalah pertemuan Anies Baswedan dengan tokoh-tokoh partai politik lokal. Mantan Gubernur DKI Jakarta pun mengucapkan rasa terima kasihnya atas dukungan kepadanya.

"Saya berterimakasih kepada partai (parpol lokal di Aceh) yang telah mendukung,' begitu disampaikan oleh Anies Baswedan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.