Sukses

Gibran Rakabuming Raka Bantah Isu sedang Mengurus SKCK: Jangan Membuat Resah, Ya

Isu Gibran Rakabuming Raka sedang mengurus SKCK beredar di tengah kabar Menteri BUMN Erick Thohir yang telah memiliki SKCK dari Badan Intelijen dan Keamanan (Baintelkam) Polri.

Liputan6.com, Jakarta Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menanggapi isu yang menyebutnya sedang mengurus Surat Keterangan Catatan Kepolisian atau SKCK. Isu ini melanda Gibran Rakabuming Raka di tengah kabar Menteri BUMN Erick Thohir yang telah memiliki SKCK dari Badan Intelijen dan Keamanan (Baintelkam) Polri.

Seperti dikabarkan sebelumnya, Menteri BUMN Erick Thohir telah membuat SKCK yang diklarifikasi oleh pihak Mabes Polri di tengah ramai pendaftaran capres cawapres untuk Pemilu 2024. Menurut Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan, Erick Thohir sempat datang mengurus SKCK bersama para staf pada Selasa (17/10/2023). Namun pada Rabu (18/10/2023), ia tak ikut datang mengambilnya.

Mendapat pertanyaan seputar isu yang menyerempet Pilpres 2024 dari para wartawan yang menunggu di Balai Kota Solo, Putra sulung Presiden Jokowi dengan tegas membantahnya. Gibran pun meminta para wartawan agar tak lagi menuliskan kabar soal SKCK yang ia anggap meresahkan.

"Di mana? Orang aku di sini terus, kok. Jangan membuat berita yang membuat resah, ya," ujar Gibran saat berada di dalam mobil sebelum bertolak menuju Sidang Paripurna, menyimak kanal YouTube Liputan6, Kamis (19/10/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Gibran Rakabuming Raka Minta Pastikan ke Polda Jawa Tengah

Tak hanya itu, Gibran juga meminta semua pihak agar memastikan langsung kepada Polda Jawa Tengah untuk memastikan benar tidaknya ia benar-benar belum mengurus SKCK.

"Cari saja, aku mengurus SKCK di mana? Aku kan di sini terus. Cek saja ke Polda ya, telepon saja Polda soal ngurus SKCK," ujar Gibran Rakabuming Raka menjawab saat ditanya mengenai isu SKCK sedang diurus Polda Jawa Tengah.

3 dari 4 halaman

Gibran Juga Bantah Isu Bergabung ke Partai Golkar

Selain SKCK, Gibran juga sempat menanggapi kabar yang santer terdengar perihak isu dirinya bergabung ke Partai Golkar. Wali Kota Solo ini pun dengan tegas membantah kabar tersebut dan menyatakan dirinya tetap di PDI-P.

"Iki lho, aku neng kene terus (Ini saya di sini terus). Tulisen nggak bener (ditulis saja tidak benar)," katanya di Solo, Jawa Tengah, Kamis (19/10/2023).

Termasuk jika namanya keluar pada Rapimnas Partai Golkar mendatang, ia enggan memberikan tanggapan.

"Enggak gimana-gimana," katanya.

4 dari 4 halaman

Gibran Disebut Bakal Gabung Ormas di Bawah Partai Golkar.

Sebelumnya, Gibran sempat santer dikabarkan bakal masuk Partai Golkar melalui keanggotaan Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) yang merupakan organisasi masyarakat di bawah Partai Golkar.

Mengenai pernyataan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto bahwa anak muda cocok mengenakan baju kuning yang merujuk pada dirinya, ia mengaku cocok mengenakan baju warna apa pun.

"Saya pakai baju warna apa aja cocok," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini