Sukses

Perjalanan Kartika Satya Menjadi Content Creator yang Inspiratif, Bermula dari Profesi Perawat hingga Sukses Menulis Buku

Content creator Kartika Satya dibilang cukup layak menjadi influencer untuk dijadikan inspirasi bagi generasi muda, lantaran telah mengantongi banyak prestasi serta cita-cita yang mulia nan bermanfaat bagi orang lain.

Liputan6.com, Jakarta Memiliki bakat, prestasi sekaligus menjadi sosok inspiratif, tentunya telah menjadi impian banyak orang. Hal inilah yang dirasakan oleh Ns, Yuliaty Kartika Ashri, S.Kep atau lebih dikenal dengan Kartika Satya. Perempuan berkebangsaan Indonesia ini berprofesi sebagai perawat, content creator, hingga Youtuber.

Kartika Satya atau yang akrab disapa Kartika, bisa dibilang cukup layak menjadi influencer untuk dijadikan inspirasi bagi generasi muda. Pasalnya, ia telah mengantongi banyak prestasi serta cita-cita yang mulia nan bermanfaat bagi orang lain.

Lahir di Karanganyar, 27 Juli 1991, Kartika Satya merupakan anak pertama dari empat bersaudara. Ia sudah menikah sejak tahun 2016 dengan seorang Dosen, Satya Anggi Permana S.Pd,I, M.Pd dan telah dikaruniai satu orang anak perempuan bernama Arsyila Izzah Mardiyah.

Ia juga lulusan D-3 Keperawatan POLTEKKES KEMENKES Medan, dan S-1 Profesi Ners STIKes DELI HUSADA Delitua. Sejak lulus pendidikan profesi Ners, ia bekerja sebagai Nurse di Euromedica Group, perusahaan yang bergerak di bidang aesthetic yaitu Klinik European Slimming Center (ESC) selama kurang lebih 2 tahun.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Karier Seorang Kartika Satya

Kartika Satya lalu memulai karier sebagai seorang Youtuber sejak tahun 2017. Ia kerap memposting video bergenre edukasi seputar CPNS PPPK di kanal Youtube Kartika & Satya, yang hingga saat ini sudah memiliki 126 ribu subscribers. Jumlah total tayangnya mencapai 6.178.175 kali ditonton dari 407 video yang telah ia posting dan telah mendapat Creator Awards, yaitu Silver Play Button pada Mei 2022 yang lalu.

Sejak tahun 2016 hingga saat ini, selain sibuk bekerja sebagai perawat di Puskesmas Siulak Gedang, ia juga berprofesi sebagai content creator, Youtuber, dan penulis buku.

Meski tidak mudah menjalani semuanya secara bersamaan, putri sulung dari pasangan Drs.Kartimin dan Suriaty S.Pd ini mengaku sangat bahagia dengan semua yang dilakukannya selama ini.

 

3 dari 5 halaman

Content Creator yang Menginspirasi

Kartika mengikuti passionnya sebagai content creator di bidang edukasi dengan terus berupaya menampilkan berbagai konten yang positif, menarik dan pastinya inspiratif. Sesuai dengan harapannya yang ingin memberikan pengaruh luas dan positif dengan konten edukatif.

Saat ini, Kartika sudah mempunyai sebanyak 126 ribu subscribers di Youtube Kartika & Satya yang kini telah mendapat Creator Awards, yaitu Silver Play Button dengan followers 58,3 ribu di Tiktok @kartikasatya dan sudah mengantongi lencana verifikasi/centang biru, 23,3 ribu pengikut di Instagram @kartikagh dan 5,1 ribu pengikut di Facebook Kartika Satya.

Bukan itu saja, Kartika juga melebarkan sayapnya di bidang writer, yaitu menjadi penulis buku. Ia merasa hal tersebut sangat penting untuk membantu peserta CPNS PPPK dalam mempersiapkan diri belajar dengan buku sebelum menghadapi ujian seleksi CASN. Hal tersebut terbukti dari beberapa dari followers dan subscribersnya yang telah lulus tes CASN dengan ikhtiar belajar dari buku yang telah ia terbitkan.

 

4 dari 5 halaman

Sukses Menjadi Penulis Buku

Selama menjadi penulis, ia telah menghasilkan penjualan buku hingga puluhan ribu eksemplar. Semua bermula saat ia diminta oleh subscribernya untuk menggabungkan soal-soal yang ia bahas menjadi sebuah buku.

Dengan senang hati, Kartika menyanggupi dan telah berhasil menerbitkan 11 judul buku, di antaranya 3 judul buku berkaitan dengan profesinya, yaitu keperawatan dengan total terjual puluhan ribu eksemplar.

Kartika sukses menjadi penulis sejak tahun 2021 dengan buku pertamanya berjudul Sukses Tes CPNS Edisi 2021 kemudian diikuti dengan terbitnya buku kedua SKB Kesehatan Umum Edisi 2021 dan buku ketiga SKB Perawat Edisi 2021.

Tidak sampai disitu, pada tahun berikutnya 2022 Kartika menerbitkan kembali 3 buku sekaligus, Hal tersebut ia lakukan karena banyaknya permintaan dari subscribers dan followersnya untuk menerbitkan buku PPPK. Pasalnya, pada tahun tersebut soal-soal PPPK belum begitu familiar, sehingga ia memutuskan untuk menerbitkan buku PPPK Tenaga Kesehatan Edisi 2022, PPPK Perawat Edisi 2022, dan PPPK Keguruan Edisi 2022.

Pada tahun 2023 ini, Kartika kembali hadir menemani followersnya dalam mempersiapkan diri menghadapi tes PPPK yang kebetulan pada tahun ini banyak formasi PPPK yang dibuka sampai diangka 80 persen dari total penerimaan CASN 2023.

 

5 dari 5 halaman

Buku yang Telah Diterbitkan

Buku yang telah ia terbitkan berjudul Seleksi Kompetensi Dasar CPNS Edisi 2023, PPPK UMUM MANSOSWAW Edisi 2023, PPPK Perawat Edisi 2023 dan PPPK Bidan Edisi 2023. Selain Buku CPNS PPPK Kartika juga menerbitkan buku bergenre Religi yaitu The Power Of Jalur Langit.

Tujuannya untuk mengajak para followersnya agar berikhtiar lulus CASN bukan hanya sekedar belajar tetapi harus juga menempuh jalur langit agar Allah Subhanahu wa Ta’ala memberi jalan kemudahan dalam tes ujian CASN 2023.

Kesuksesan yang ia dapatkan saat ini tak lantas menjadikannya pribadi yang sombong, Kartika justru lebih banyak bersyukur kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala dan tetap humble kepada para subscriber dan followers-nya.

“Alhamdulillah atas izin Allah kami sudah menerbitkan 11 judul buku sampai saat ini dan diterima dengan baik, harapannya semoga buku yang kami susun bisa bermanfaat membantu teman-teman pejuang CPNS PPPK agar bisa lulus tes dan ilmunya menjadi amal jariyah yang tidak akan pernah terputus,” ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini