Sukses

Jungkook BTS Makin Bertaji, Baru Debut Lagu Seven Langsung Rebut Peringkat Jawara Billboard Hot 100

Ini bukan pertama kalinya Jungkook BTS mencicipi posisi puncak Billboard Hot 100.

Liputan6.com, Jakarta Jungkook BTS membuktikan bahwa dirinya masih bersinar, meski tampil sendirian tanpa para hyung di proyek solonya. Buktinya, lagu “Seven” yang dirilis pada 14 Juli 2023, tampil “berotot” pada pekan pertamanya di tangga lagu prestisius, Billboard Hot 100.

Dilansir dari Billboard, Selasa (25/7/2023), lagu Jungkook featuring Latto ini langsung meraih posisi jawara saat debut di chart tersebut. Ini juga merupakan lagu pertama Latto yang nangkring di posisi pertama Billboard Hot 100.

Dengan pencapaian ini, Jungkook adalah anggota BTS kedua yang proyek solonya meraih posisi pertama dalam tangga lagu tersebut. Prestasi serupa sebelumnya diraih Jimin dengan lagu “Like Crazy” yang dirilis April lalu.

Dalam catatan Billboard, “Seven” adalah pemegang posisi 1 ke-1.151 sejak Hot 100 dimulai pada Agustus 1958. Lagu ini juga menjadi yang ke-68 debut di posisi pertama.

Ranking dalam Billboard Hot 100 ditentukan dengan memadukan data streaming audio dan video resmi, radio airplay, dan penjualan dari seluruh genre, di Amerika Serikat. Data penjualan dihitung untuk rilisan fisik dan digital dari retailer. Sementara penjualan langsung ke konsumen, tak masuk dalam kalkulasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Data Penjualan dan Streaming Seven

"Seven" meroket ke posisi pertama di Hot 100 berkat tingginya angka di kategori streaming, pemutaran, dan penjualan. Tercatat ada 21,9 juta streaming, 6,4 juta audiens airplay, dan 153.000 poin gabungan penjualan CD dan versi digitalnya.

"Seven" juga debut di posisi kedua dalam tangga lagu Digital Song Sales, dan nomor 4 di Streaming Songs.

3 dari 4 halaman

Sejarah Jungkook BTS di Billboard Hot 100

Ini bukan pertama kalinya Jungkook mencicipi posisi puncak Billboard Hot 100.  Sebelumnya, lagu “Left and Right” dari Charlie Puth yang menampilkan Jungkook, juga meraih posisi satu pada tahun 2022.

Tahun yang sama, lagu Jungkook bertajuk “Stay Alive” masuk di posisi 95 dan berada di tangga lagu ini selama seminggu.

Sementara bersama BTS, sudah ada enam lagu grup ini yang meraih posisi pemuncak Billboard Top 100. Alhasil, BTS masuk satu dari sembilan grup elit yang punya beberapa lagu peringkat pertama di tangga lagu ini, seperti The Beatles, The Black Eyed Peas, Blind Faith, dan lainnya.

4 dari 4 halaman

Rilis Video Latihan Seven

Tanggal 23 Juli lalu, Jungkook membagikan video resmi latihan koreografi lagu “Seven.” Saat artikel ini ditulis, video yang diunggah di kanal YouTube BangtanTV ini sudah ditonton 2,1 juta kali.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.