Sukses

Posisi Duduk Ganjar Pranowo Selama Rakernas PDIP 2023 Berada di Depan Sejajar dengan Megawati, Tahun Lalu Masih Deretan Belakang

Pada Rakernas II PDIP 2022, Ganjar Pranowo masih duduk di deretan belakang.

Liputan6.com, Jakarta Ganjar Pranowo turut menghadiri Rakernas III PDIP (Rapat Kerja Nasional III PDI Perjuangan) yang digelar di Sekolah Partai DPP PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan pada Selasa (6/6/2023). Ada satu hal yang berubah dari Ganjar Pranowo selama Rakernas setelah ia ditunjuk sebagai bakal Calon Presiden RI 2024-2029 oleh PDIP.

Hal itu terkait posisi duduk Ganjar Pranowo yang berbeda dari tahun sebelumnya. Kini, Gubernur Jawa Tengah itu duduk di bangku posisi depan, sejajar dengan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, Presiden Joko Widodo, Ketua Bidang Politik DPP PDIP Puan Maharani, dan Kepala Analisis dan Pengendali Situasi DPP PDIP Prananda Prabowo.

Tentunya, ini menjadi yang pertama bagi Ganjar Pranowo berada di posisi tempat duduk tersebut. Pada Rakernas II PDIP 2022, Ganjar Pranowo masih duduk di deretan belakang. Gubernur Jawa Tengah ke-15 mendapat bangku di deretan keempat dari depan, di belakang para pengurus DPP PDIP.

Bahkan pada perayaan HUT ke-50 PDIP di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, pada 10 Januari 2023, Ganjar Pranowo masih duduk di belakang jajaran pengurus partai. Bahkan, ia berhimpitan dengan para kader. Bisa dianggap, Ganjar Pranowo kini sudah naik kelas sejak diusung sebagai bakal capres oleh PDIP.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ganjar Pranowo Mengenakan Kopiah Pemberian Megawati Soekarnoputri

Selain itu, pada Rakernas II PDIP 2022 serta HUT ke-50 PDIP, Ganjar Pranowo masih belum mengenakan aksesori apapun di kepalanya. Kini, Ganjar terlihat mengenakan peci atau kopiah pemberian Megawati.

Seperti diketahui, kopiah yang dikenakan Ganjar Pranowo diterimanya setelah PDIP mengumumkan kadernya itu menjadi bakal capres di Istana Batutulis, Bogor, pada 21 April 2023 lalu.

 

 

3 dari 4 halaman

Ganjar Pranowo Menyambut Presiden Jokowi di Rakernas III PDIP

Ganjar Pranowo yang datang lebih awal, tampak menyambut Presiden Jokowi selama Rakernas III PDIP. Keduanya bersalaman dan tersenyum ceria. Selain itu, sejumlah jajaran DPP PDIP juga turut menyambutnya.

Presiden Jokowi menghadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas) III PDIP untuk berbicara perihal tema “Fakir Miskin dan Anak Telantar Dipelihara oleh Negara”.

Jokowi tiba sekitar pukul 09.50 WIB, menumpangi sedan berkelir hitam. Jokowi tampak hadir dengan mengenakan setelan batik bernuansa merah dan celana berwarna hitam.

 

4 dari 4 halaman

Pidato Presiden Jokowi Selama Rakernas III PDIP

Selama Rapat Kerja Nasional III PDI Perjuangan, Presiden RI Jokowi menyampaikan pidato politiknya. Usai acara, Jokowi mengaku dalam pidatonya, ia menyampaikan soal tantangan bangsa ke depan, terutama potensi kesulitan global seperti krisis pangan dan energi.

"Ya, tadi saya di Rakernas PDI Perjuangan menyampaikan mengenai tantangan-tantangan yang dihadapi oleh negara kita, utamanya dalam kesulitan-kesulitan global yang sudah sering saya sampaikan, baik yang berkaitan dengan krisis pangan, krisis energi, krisis keuangan dan adanya perang," kata Jokowi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.