Sukses

Ahmad Dhani Sudahi Perdebatan dengan Once Mekel Soal Royalti: Ya Udah Kita Lupain Aja

Ahmad Dhani tetap melarang Once Mekel menyanyikan lagu miliknya.

Liputan6.com, Jakarta Ahmad Dhani tak ingin memperpanjang polemiknya dengan Once Mekel. Pentolan band Dewa 19 itu memilih menyudahi perdebatannya dengan Once, yang belakangan menjadi sorotan.

Menurut Ahmad Dhani, ada hal yang bisa dipetik dari perdebatannya dengan Once terkait persoalan hak cipta. Yakni keseriusan Lembaga Manajemen Kolektif Nasional (LMKN) berbenah diri memperjuangkan kepentingan pengarang lagu.

"Ya udah kita lupain aja lah. Yang penting ke depannya adalah, ternyata perdebatan ini sudah selesai," kata Ahmad Dhani di Hotel JS Luwansa, Jakarta Selatan, Kamis (6/4/2023)

"Perdebatan ini akhirnya menjadi sebuah hal yang menguntungkan buat pengarang lagu. Kita lihat LMKN mau berbenah ya, dengan mereka membuat sistem pembayaran online dan lain lain, menurut saya sebuah kemajuan luar biasa," sambung Dhani.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sistem Berbasis Online

Saat ini, LMKN telah menyediakan sistem berbasis online, bagi pelaku penyelenggara acara yang ingin membayarkan royalti atas lagu yang digunakan. Bahkan para pelaku penyelenggara diwajibkan mendaftarkan dirinya di  www.lmknlisensi.id.

"Ketika mendapat sertifikat atau lisensi, itu sudah aman. Kalau tidak punya sertifikat dan tetap mengadakan acara, itu melanggar hukum, itu bisa kena sanksi," terang Dhani.

 

 

3 dari 4 halaman

Koordinasi dengan WAMI

Adapun soal larangan membawakan lagu Dewa 19, lanjut Ahmad Dhani, dirinya sudah berkoordinasi dengan WAMI, lembaga yang dipercaya untuk mengelola karyanya. Dhani tetap pada keputusannya melarang Once menyanyikan lagu Dewa 19. 

"Saya melarang seseorang yang bernama EO l, Elfonda Once itu tidak diberikan izin ketika menggunakan lagu saya. Itu sudah disepakati WAMI," jelas Dhani.

 

4 dari 4 halaman

Berteman Baik

Kendati berbeda pandangan dan tafsir tentang Undang Undang Hak Cipta, Dhani mengaku masih menjalin pertemanan dengan Once. Ia menilai, Once pribadi yang menyenangkan diajak berdiskusi.

"Saya berteman sama once ya biasa aja. Ngobrol sama once panjang lebar ngomong apa saja enak. Once tuh enak buat ngobrol, biasa aja," pungkas Ahmad Dhani. (M. Altaf Jauhar).

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini