Sukses

Tegas, Ahmad Dhani Larang Once Mekel Nyanyikan Lagu-Lagu Dewa 19: Saya Menjaga Kemurnian dari Konser-Konser Dewa 19

Ahmad Dhani ingin konser Dewa 19 tak terganggu dengan konser-konser lain.

Liputan6.com, Jakarta Ahmad Dhani baru saja mengumumkan suatu hal yang sangat penting menyangkut Once Mekel. Ahmad Dhani menegaskan bahwa dirinya melarang Once Mekel menyanyikan lagu-lagu milik Dewa 19.

Keputusannya itu tertera pada peraturan Direktorat Jenderal Hak dan Kekayaan Intelektual (Dirjen HAKI). Hal itu disampaikan langsung oleh Ahmad Dhani saat ditemui di kawasan Pluit, Jakarta Utara, Selasa (28/3/2023).

"Saya ada pengumuman penting hari ini. Jadi hari ini, saya akan mengumumkan secara pribadi, menurut Dirjen HAKI, ada sebuah hak daripada pencipta," kata Ahmad Dhani mengawali.

"Saya mengumumkan bahwa saya melarang spesifik, saya melarang Once untuk menyanyikan lagu-lagu Dewa 19 sejak saya ucapkan di media hari ini," sambungnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Konser Dewa 19

Bukan tanpa alasan, keputusannya ini rupanya berkaitan dengan rencana tur Dewa 19 setelah Lebaran nanti. Ahmad Dhani ingin konser Dewa 19 tak terganggu dengan konser-konser lain.

"Saya larang Once Mekel untuk menyanyikan lagu Dewa 19. Kenapa? Karena Dewa 19 saat ini sedang melakukan tur setelah Lebaran itu setiap minggu dua kali. Jadi tidak boleh ada konser-konser lain yang mengganggu jalannya tur," jelasnya.

 

3 dari 4 halaman

Hanya Lagu Dewa 19

Meski begitu, Ahmad Dhani mengatakan bahwa Once masih boleh menyanyikan lagu-lagu ciptaannya di luar Dewa 19. Sekali lagi, yang dilarang oleh Ahmad Dhani adalah karya-karya miliknya untuk Dewa 19.

"Once dilarang menggunakan lagu-lagu Dewa 19 dalam konsernya. Lagu-lagu Ahmad Dhani yang lain boleh, khusus lagu Dewa aja. Lagu-lagu saya yang ada di T.R.I.A.D, lagu saya di Ahmad Band, di Reza Artamevia boleh, spesifik di Dewa aja (yang nggak boleh)," tambah Ahmad Dhani lagi.

 

4 dari 4 halaman

Menjaga Kemurnian Konser

Keputusan ini ia buat sampai batas waktu yang belum ditentukan. "Saya menjaga marwah Dewa 19 juga menjaga kemurnian dari konser-konser Dewa yang diadakan setelah Lebaran seminggu dua kali. Sampai kapan? Sampai saya ngumumin lagi nanti," tutup Ahmad Dhani.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.