Sukses

Kisah Inspiratif Naning Adiwoso Jadi Duta Senior Expo 2023 di Usia Kepala 7, Sebut Fase Lansia Itu Anugerah

Naning Adiwoso terpilih sebagai duta Senior Expo 2023 yang akan digelar di Indonesia Convention Exhibition, Banten, dari 30 November hingga 2 Desember 2023.

Liputan6.com, Jakarta Naning Adiwoso terpilih sebagai duta atau brand ambassador Senior Expo 2023 yang akan digelar di Indonesia Convention Exhibition (ICE), Banten, dari 30 November hingga 2 Desember 2023.

Dalam konferensi pers di Jakarta, pekan ini, ia berbagi romantika menjadi lansia. Menurut Naning Adiwoso, jadi lansia adalah anugerah mengingat tak semua orang bisa sampai ke fase ini.

“(Menurut saya) menjadi lansia itu anugerah karena tidak semua orang berkesempatan untuk mengalaminya. Sebagai lansia, saya bersyukur sampai ke masa ini yang banyak disebut sebagai golden age, masa emas,” katanya.

Meski demikian, Naning Adiwoso menyadari ada sejumlah keterbatasan yang dihadapi saat menjadi lansia. Salah satunya, tak bisa mengonsumsi banyak obat ketika sakit. Solusinya, melirik obat herbal.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sebagian Besar Masalah

Olahraga pun tak bisa semua dijalani. Berkaca pada pengalaman, Naning Adiwoso mesti menyesuaikan kondisi tubuh dan rekam medis saat melatif fisik. Lansia disarankan tetap bergerak aktif. Jangan menjadikan usia sebagai alasan untuk bermalas-malasan.

“Masalahnya yang saya lihat, karena saya dibesarkan di luar negeri, Indonesia itu sebagian besar masalahnya adalah kita tuh, orang Asia, lebih banyak dimanja. Kalau ada gangguan jalan sedikit maunya dituntun, kurang mandiri,” urai Naning Adiwoso.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Aktif dan Mandiri

“Saya tetap aktif, mandiri, dan terus bersemangat belajar hal-hal baru. Salah satu hal yang juga penting, aktif bersosialisasi. Jangan ragu menambah teman baru dan mengikuti perkembangan zaman,” ia menyambung.

Naning Adiwoso juga mengingakan publik untuk melakukan penerimaan diri dan beryukur saat fisik tak muda lagi. Syukur dan penerimaan diri membuat seseorang terhindar dari stres.

“Saya sudah mengalami itu. Terimalah perubahan menjadi lansia. Tidak enak pasti. Anda akan marah pada diri Anda: Aku biasanya gerak cepat kok sekarang lambat sih? Aku biasa enggak lupa kok tiba-tiba pelupa. Itu faktanya, tapi bersyukurlah,” tutup Naning Adiwoso. 

4 dari 4 halaman

Didukung Banyak Pihak

Pergelaran Senior Expo 2023 didukung banyak pihak salah satunya, Ajinomoto. Head of Public Relations Department PT Ajinomoto Indonesia, Grant Senjaya, menyebut Senior Expo berfokus pada pendekatan preventif mempersiapkan para lansia menjalani hidup yang lebih berkualitas.

Sebagai bagian dari afiliasi perusahaan yang berpusat di Jepang, secara kolektif, pihaknya punya 2 tujuan besar pada 2030 yaitu: memperpanjang harapan hidup sehat 1 miliar orang di dunia dan mengurangi setidaknya 50 persen dampak lingkungan dari kegiatan bisnis.

“Karenanya, kami bertransformasi menjadi Health Provider. Kami bersemangat membagikan hasil positif ini, bagaimana kampanye Bijak Garam bisa membantu memperpanjang harapan hidup sehat masyarakat Indonesia di event ini. Semoga berguna untuk masyarakat,” ulasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.