Sukses

Loona Mendadak Undur Jadwal Comeback di Tengah Gonjang-ganjing Sengketa Agensi dengan Chuu

Agensi Loona menyatakan comeback ditunda sampai batas waktu yang belum ditentukan.

Liputan6.com, Jakarta Loona seharusnya comeback dalam waktu kurang dari dua minggu lagi, yakni pada 3 Januari 2023 mendatang, tanpa Chuu yang baru dikeluarkan dari grup. Namun rencana ini terpaksa ditunda, dan belum jelas kapan bakal terlaksana.

Dilansir dari Soompi, Kamis (22/12/2022), agensi Loona yakni BlockBerryCreative, mengumumkan hal ini lewat pengumuman di fan cafe resmi grup ini. Di awal pengumuman, pihak agensi memohon maaf kepada Orbit—sebutan bagi penggemar grup ini.

“Pertama-tama, kami ingin mengutarakan permintaan maaf karena menyebabkan kekhawatiran kepada Orbit atas berbagai isu terkait agensi kami. Kami memohon maaf secara tulus kepada publik yang lelah menyaksikan [situasi ini],” begitu pernyataan pihak agensi.

BlockBerryCreative kemudian mengutarakan keputusan untuk menunda comeback ini, sekaligus menjelaskan alasannya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Belum Tentukan Jadwal Pengganti

“Setelah mempertimbangkan pendapat banyak orang termasuk Orbit, kami telah memutuskan bahwa comeback [LOONA] tak ada artinya bila berbagai kekhawatiran terkait anggota grup ini belum diselesaikan,” kata perwakilan BlockBerryCreative.

Ditambahkan, “Karena itu, diputuskan bahwa The Origin Album [0] dari Loona yang dipersiapkan dengan cermat oleh 11 member dan dijadwalkan rilis pada 3 Januari 2023, akan ditunda sampai batas waktu yang belum ditentukan.”

3 dari 4 halaman

Konflik dengan Chuu

Seperti diketahui, penundaan ini terjadi di tengah memanasnya konflik antara BlockBerryCreative dengan mantan personel Loona, Chuu. Setelah beberapa waktu Chuu diisukan akan hengkang dari Loona, pada akhir November lalu agensi mengumumkan wanita bernama Kim Ji Woo ini dikeluarkan.

Alasannya, Chuu dinilai telah bertindak arogan kepada seorang staf. Hal ini, lantas dibantah oleh wanita tersebut. Di sisi lain, pada minggu lalu Dispatch mengeluarkan artikel khusus yang membahas kontroversi ini.

4 dari 4 halaman

Koreografi Bocor dan Kontrak

Dalam artikel Dispatch, disebut ada dua hal yang menjadi pangkal sengketa antara Chuu dan BlockBerryCreative, pertama adalah gesekan saat Chuu dituding membocorkan koreografi comeback.

Hal lain yang membuat hubungan panas, adalah soal kontrak yang dinilai Chuu tak adil. Dari segi pendapatan, Chuu - BlockBerryCreative berbagi dengan rasio 7:3, di mana agensi mendapat lebih besar. Sementara untuk pengeluaran, kedua pihak berbagi sama besar atau 50:50.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.