Sukses

Daniel Mananta Prihatin Mengetahui Indonesia Negara Ketiga di Dunia dengan Anak Yang Tumbuh Tanpa Ayah

Di Hari Ayah, Daniel Mananta justru menemukan sebuah fakta yang membuatnya cukup terkejut sekaligus prihatin.

Liputan6.com, Jakarta Indonesia beberapa waktu lalu baru memperingati Hari Ayah Nasional yang jatuh setiap tanggal 12 November. Di Hari Ayah itu, Daniel Mananta justru menemukan sebuah fakta yang membuatnya cukup terkejut sekaligus prihatin.

Rupanya, Indonesia merupakan negara ketiga di dunia dengan anak-anak yang tumbuh tanpa sosok ayah. Hal itu disampaikan Daniel Mananta melalui unggahan di Instagram-nya pada Senin (14/11/2022).

"Hey guys. Gue baru saja menemukan fakta yang sangat mengejutkan bahwa ternyata Indonesia adalah negara ketiga di dunia yang bisa dibilang sebagai fatherless country," kata Daniel Mananta.

"Jadi karena kemarin itu adalah Hari Ayah se-Indonesia tanggal 12 November gue nggak sengaja dengerin radio dan ada lah beberapa orang orang diinterview di radio tersebut karena ngomongin soal pentingnya sosok ayah gitu atau hubungan mereka dengan ayah seperti apa," sambung Daniel Mananta.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sedih

Daniel Mananta menyebut anak-anak yang tumbuh tanpa sosok seorang ayah di Indonesia itu disebabkan oleh kondisi yang beragam. Mulai dari sang ayah yang terlalu sibuk sehingga tak pernah berada di rumah, atau mungkin perceraian, kematian, hingga pernikahan di luar nikah.

"Satu hal yang gue sedih adalah ketika gue mendengar sebuah cerita bahwa dia enggak bisa memaafkan ayahnya sendiri atau bahkan ayahnya kecewa banget sama dia sampai ayahnya tidak mau lagi menerima dia sebagai anak dan enggak pernah mau ngomong lagi sama anaknya. Its so sad, gua sedih banget gitu," beber Daniel Mananta lagi.

 

3 dari 4 halaman

Berbagi Cerita

Daniel Mananta kemudian meminta masyarakat untuk berbagi cerita dan pengalamannya tentang hubungan antara ayah dan anak yang mereka jalani.

"Well, gue bersyukur banget hubungan gue dengan ayah gua sangat baik sekali, tapi kenyataanya, faktanya adalah Indonesia adalah negara ketiga di dunia dengan predikat fatherless country. Gue jadi penasaran sih, mungkin kalian sendiri juga punya cerita atau hubungan dengan ayah kalian seperti apa," kata Daniel Mananta.

"Mungkin bisa bikin video seperti ini abis itu tag gue atau kalian bisa remix reel ini dengan video kalian gue pengen banget dengerin cerita kalian juga karena hati gue sedih sekali sih dengerin cerita-cerita di sekeliling gua pun ya tentang hubungan mereka dengan ayahnya yang kurang baik," sambungnya lagi.

 

4 dari 4 halaman

Lakukan Sesuatu

Terakhir, Daniel Mananta mengajak masyarakat untuk melakukan sesuatu terkait masalah yang sedang terjadi ini. Langkah kecil itu dimulai dengan mengungkapkan apa harapan mereka dari sosok seorang ayah atau suami yang ideal dalam sebuah keluarga.

"Dan mungkin kita bisa melakukan sesuatu tentang ini, teman-teman. Mungkin kalian sendiri juga bisa tulis di kolom komentar. Sebagai seorang ayah apa sih yang kalian harapin? Mungkin kalian adalah seorang istri. Apa yang kalian harapkan dari suami kalian? Kalau misalnya kalian adalah seorang anak, hubungan ideal seperti apa yang kalian harapkan dengan ayah kalian? Thank you ya let me know guys," tutup Daniel Mananta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.