Sukses

Kisah Ngeri di Balik Incantation, Film Horor Taiwan yang Tengah Viral

Sutradara mengungkap bahwa Incantation terinspirasi dari berbagai hal.

Liputan6.com, Jakarta- Para penggemar film horor kini tengah ramai membicarakan Incantation. Film horor yang ditayangkan Netflix sejak Jumat (8/7/2022) lalu ini menyedot perhatian penggemar film horor, terutama dengan embel-embel sebagai “film terseram yang pernah dibuat di Taiwan.”

Dalam pernyataan tertulis Netflix, sutradara film ini yakni Kevin Ko, sempat menceritakan sejumlah inspirasinya dalam menggarap film ini. Salah satunya, adalah plotnya yang disebut merupakan adaptasi longgar dari sebuah cerita nyata di Taiwan.

Kisahnya adalah tentang sebuah keluarga yang menjadi anggota sebuah sekte. Ia mengaku tertarik, tapi sekaligus agak ngeri, dengan cerita ini.

Dilansir dari Taipei Times, Senin (11/7/2022), kisah nyata ini terjadi di Kaohsiung, Taiwan, pada 2005 silam. Di sisi lain, media HITC menyebutkan bahwa kabar mengenai detail mengenai cerita ini sangat langka, apalagi yang berasal dari sumber resmi. Kisahnya lebih banyak diceritakan dari mulut ke mulut, bak sebuah mitos urban.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kisah Viral

Dalam “kisah nyata” ini, keluarga beranggotakan enam orang tersebut, konon dirasuki oleh berbagai dewa dan secara brutal menyiksa satu sama lain selama sebulan. Tak cuma itu, mereka hanya hidup dari air yang dicampur dengan abu jimat.

Akhirnya, putri tertua keluarga ini tewas. Namun, pihak keluarga meyakini bahwa yang mati bukanlah saudara mereka, melainkan setan yang merasukinya.

3 dari 4 halaman

Kekuatan Horor Asia

Di luar “kisah nyata” ini, Kevin Ko juga mengungkap bahwa Incantation memang terinspirasi dari berbagai hal. Termasuk budaya yang menyebar di internet. Mulai dari video pengakuan para YouTuber, utas di medsos, hingga email berantai.

Ia juga terinspirasi oleh sejumlah film horor Asia tahun 2000-an, seperti Ring, One Missed Call, Ju-on, Dark Water, sampai The Eye.

“Horor Asia tak cuma tentang kekerasan yang sadis,” kata sang sutradara. “(Film horor Asia) juga memiliki kelembutan di baliknya. Filmnya membuatmu takut tetapi juga membuatmu tersentuh, bahkan menyembuhkanmu,” tuturnya.

4 dari 4 halaman

Sinopsis Incantation

Incantation sendiri berkisah tentang Li Ronan (Hsuan-yen Tsai) yang melakukan perjalanan ke kampung halaman kekasihnya dalam keadaan hamil. Tujuannya, adalah merekam konten seram untuk diunggah ke internet. Namun, di sana ia melakukan hal yang tabu, membuat jiwanya terganggu.

Enam tahun kemudian, ia berusaha untuk hidup kembali bersama putrinya yang dirawat di panti asuhan. Namun ketika mereka kembali bersama, sejumlah kejanggalan terjadi.

Incantation telah meraup pendapatan TW$170 juta, membuatnya jadi film terlaris 2022 di Taiwan per Juni lalu. Tak cuma secara materi, film ini juga mendapat pujian dari kritikus, mendapat nominasi di Penghargaan Film Taipei termasuk Narasi Film dan Sutradara Terbaik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.