Sukses

Sinopsis Film Hacksaw Ridge, Aksi Mulia Andrew Garfield Jadi Petugas Medis di Perang Dunia II

Berperan sebagai tokoh Desmond Doss seorang petugas medis tempur, Andrew Garfield bermain dalam film Hacksaw Ridge. Simak sinopsisnya di sini.

Liputan6.com, Jakarta Bukan hanya karya tulis saja, beberapa peristiwa nyata tidak luput menjadi inspirasi untuk dibuatkan kisah versi layar lebarnya. Salah satunya bisa Anda dapatkan dalam film berjudul Hacksaw Ridge.

Film Hacksaw Ridge dirilis pada November 2016 silam. Digarap oleh sutradara Mel Gibson, film berdurasi 139 menit ini mengisahkan tentang karakter Desmond Doss yang merupakan seorang petugas medis pada masa Perang Dunia II.

Desmond Doss sendiri merupakan tokoh nyata yang keberadaannya memberikan bantuan kepada para militer di medan perang. Kisah inspiratifnya kemudian dibukukan dan juga dibuatkan film dokumenter. 

Dengan judul The Conscientious Objector, film dokumenter yang hadir pada tahun 2004 tersebut menceritakan gambaran Perang Dunia II melalui sudut pandang Desmond Doss. Selanjutnya, kisah biografi Doss dibuatkan lagi versi layar lebarnya dengan menggandeng aktor Andrew Garfield sebagai pemerannya.

Bagi Anda yang penasaran, bisa langsung menyaksikan Hacksaw Ridge melalui platform streaming Vidio. Namun sebelum itu, simak sinopsis singkat dan beberapa fakta menarik di balik filmnya berikut ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sinopsis Hacksaw Ridge

Kisah berawal ketika Desmond Doss yang memiliki pendirian untuk tidak menghilangkan nyawa satu orang pun. Alur film biografi Hacksaw Ridge kemudian berpindah ke masa depan di mana ia bertemu dengan seorang perawat bernama Dorothy (Teresa Palmer). 

Pertemuan ini terjadi karena Doss pada saat itu hendak menolong pria yang terluka. Ia memutuskan untuk mengantar pria tersebut ke rumah sakit. Rasa keinginan untuk menjadi perawat pun timbul di hati Doss.

Ia kemudian mendaftar sebagai petugas medis untuk melayani para prajurit yang berjuang di peperangan. Kisahnya semakin rumit ketika di pelatihan ia tidak mau mengangkat senjata karena prinsip yang dianutnya. Bahkan karena hal ini, ia sempat diadili dan hendak dipenjarakan.

Untungnya, hakim berkata lain. Profesi sebagai seorang perawat tetap dipegang olehnya. Ia kemudian membuktikan kepada dunia bahwa dirinya bisa menyelamatkan orang tanpa harus melukai satu orang pun.

3 dari 4 halaman

Menceritakan Tokoh Desmond Doss

Film Hacksaw Ridge menceritakan kisah hidup seorang tokoh ternama bernama Desmond Doss. Ia adalah seorang petugas medis yang bekerja dibawah kompi infanteri pada masa Perang Dunia II. 

Desmond Doss sendiri lahir pada 7 Februari 1919 dan tutup usia pada umur 87 tahun di 23 Maret 2006. Melansir dari desmonddoss.com, pada April 1942 Doss bergabung dengan Angkatan Darat Amerika Serikat.

Berkat jasa mulia yang diberikannya, Desmond Doss berhasil meraih Medal of Honor. Ia telah menyelamatkan banyak nyawa di medan perang tanpa mengangkat senjata dan menghilangkan nyawa orang lain.

4 dari 4 halaman

Mendapat Rating Tinggi dan Memenangkan Oscar

Mengisahkan tentang tokoh pahlawan, film ini disambut baik oleh penikmat film yang diangkat dari kisah nyata. Hal ini dibuktikan dengan berbagai penghargaan bergengsi hingga perolehan rating yang didapat oleh Hacksaw Ridge.

Melansir dari situs IMDb, film yang diulas oleh sekitar 497 ribu pengulas ini mendapatkan nilai 8,1 dari 10. Tidak berhenti di situ, ternyata Hacksaw Ridge mendapatkan nominasi ajang penghargaan dengan total 115 nominasi dengan rincian memenangkan 2 penghargaan Oscar, dan 52 penghargaan tersohor lainnya.

Penghargaan tertinggi Academy Awards alias Oscar pada 2017 didapatkan oleh para kru yang berhasil masuk sebagai nominasi dalam kategori Best Achievement in Film Editing dan juga Best Achievement in Sound Mixing.

Itulah sedikit sinopsis dan beberapa fakta menarik di balik film Hacksaw Ridge sub indo. Saksikan alur cerita selengkapnya tentang kehidupan Desmond Doss melalui aplikasi Vidio. Selain film Hollywood, masih banyak konten menarik seperti film Indonesia terbaik dan juga film dari negara lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.