Sukses

Sule Ceritakan Asal-Usul Nama Panggungnya, Rhoma Irama Dibuat Nyaris Ngakak

Tampil di acara Rhoma Irama, Sule mendapat pertanyaan soal asal-usul namanya dari sang raja dangdut.

Liputan6.com, Jakarta - Komedian Sutisna yang akrab disapa Sule, memiliki asal-usul unik terkait nama panggungnya itu. Namun, tak semua orang mengetahui dari mana nama "Sule" berasal.

Raja Dangdut Rhoma Irama adalah salah satu orang yang belum tahu apa makna di balik julukan Sule yang dimiliki oleh komedian berambut gondrong itu.

Alhasil ketika tampil di Podcast Bisikan Rhoma melalui kanal YouTube Rhoma Irama Official, Sule mendapat pertanyaan serupa dari sang raja dangdut. Tak disangka, penjelasan Sule soal itu membuat Rhoma Irama tertawa.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Pertanyaan Rhoma Irama

"Sule, saya tergelitik. Sule ini singkatan atau nama pentas, apa nama asli?" tanya Rhoma Irama di kanal YouTube Rhoma Irama Official, baru-baru ini.

"Disebut nama pentas, bisa. Sule itu 'susut leho', Pak Haji," jawab Sule singkat menyampaikan makna nama yang berarti "menyeka ingus" itu.

3 dari 5 halaman

Nyaris Ngakak

Mendengar penjelasan Sule, Rhoma Irama pun secara spontan tertawa hingga nyaris ngakak.

"Pasti orang enggak percaya. Orang nyangkanya sunda bule. Padahal bukan," timpal Sule setelah melihat reaksi Rhoma Irama.

 

4 dari 5 halaman

Sering Ingusan

 

Serius dengan jawabannya, Sule kembali menjelaskan bahwa nama tersebut diambil lantaran kebiasaannya sewaktu kecil yang sering ingusan serta julukan dari sang ayah saat memarahinya.

"Kenapa namanya Sule, jadi dulu kan saya sering ingusan. Bapak kalau ngambek, 'Dasar si Sule, susut leho.' Jadi kan saya ingusan, disusut (diseka) terus," kenang Sule.

5 dari 5 halaman

Terdengar Unik

Sule juga menegaskan bahwa nama tersebut diambilnya lantaran terdengar unik. Pasalnya, sejak kecil Sule memang selalu ingin menjadi pelawak dengan nama julukan lain dari yang lain.

"Jadi pas 1994 karena cita-cita dari kecil pengin jadi penghibur, membuat orang tersenyum, lihat Akri namanya beda, Eko nama panggungnya beda, yang lain-lain juga sama. Akhirnya, sudah gua juga ganti ah, siapa tahu terkenal," terang Sule.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.