Sukses

Identitas Penulis Drakor Hometown Terkuak Sebagai Pelaku Pelecehan, Namanya Dihapus dari Credit Title

Cho Hyun Hoon menggunakan nama pena Joo Jin untuk menulis Hometown.

Liputan6.com, Seoul - Drama Korea Hometown kini tengah menjadi sorotan publik. Joo Jin, yang dalam credit title tertera sebagai penulis naskah drama ini, ternyata adalah nama pena.

Dilansir dari Soompi, Rabu (29/9/2021), identitas di balik nama ini adalah Cho Hyun Hoon. Ia adalah seorang sutradara yang pernah bermasalah bertahun-tahun lalu.

Pada 2018, Cho Hyun Hoon mengakui sekaligus meminta maaf atas pelecehan seksual yang ia lakukan kepada seorang sutradara wanita. 

 

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Kejadian Tahun 2013

Diwartakan Soompi pada 2018, terdapat laporan bahwa Cho Hyun Hoon sedang mabuk dan menyentuh bagian (maaf) dada korban dalam sebuah pesta usai festival film. Kejadiannya terjadi tahun 2013 silam. 

Dalam permintaan maafnya kala itu, ia menyatakan sama sekali tak ingat dengan kejadian tersebut.

3 dari 5 halaman

Permintaan Maaf Cho Hyun Hoon

"Saya berusaha mengontaknya sehari setelahnya, dan mencoba lagi tahun ini. Namun belakangan saya menyadari bahwa upaya saya mengontaknya bisa menjadi sumber tekanan dan luka untuk sang korban. Menengok kembali ke belakang, saya tak bersikap peka. Saya sangat minta maaf," kata dia.

Ia menambahkan, "Mulai sekarang, saya akan menghentikan aktivitas resmi dan pekerjaan, dan mengambil waktu untuk introspeksi diri atas tindakan saya."

4 dari 5 halaman

Baru Tahu Belakangan

Juru bicara Studio Dragon yang merupakan rumah produksi Hometown, mengatakan akan menghapus nama sang penulis dari credit title. Mereka juga menyatakan baru sadar dengan kontroversi yang terkait dengan Joo Jin alias Cho Hyun Hoon setelah syuting dimulai.

"Saat kami mengerjakan proyek pada masa mendatang, kami akan lebih berhati-hati dan melakukan pengecekan agar hal serupa tak terjadi," kata pihak jubir.

Hometown sendiri, kini telah memasuki tahap akhir syuting.

5 dari 5 halaman

Pernyataan Cho Hyun Hoon

Cho Hyun Hoon juga telah buka suara atas hal ini. Ia mengakui bahwa dialah Joo Jin, dan mengakui kesalahannya bertahun-tahun lalu. Ia juga minta maaf kepada para pemirsa, staf, pemain, dan kru Hometown.

"Baik dulu maupun sekarang, saya tak pernah memiliki niat untuk menyembunyikan atau menyangkal insiden ini, dan pemikiran ini belum berubah. Bahkan sekarang, saya terus berulang kali memikirkan kembali hal ini dan introspkesi diri," tuturnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.