Sukses

Caitlyn Jenner Dukung Larangan Siswi Transgender Ikut Olahraga Anak Perempuan

Sejumlah aktivis LGBTQ mengkritik pernyataan Caitlyn Jenner.

Liputan6.com, Los Angeles - Sebagai seorang transgender, tak heran bila Caitlyn Jenner ditanya wartawan soal pendapatnya mengenai wacana yang jadi polemik di Amerika Serikat. Yakni soal kebijakan melarang siswi transgender untuk ikut berkompetisi dalam cabang olahraga anak perempuan di sekolah.

Dilansir dari E! News, Senin (3/5/2021), mantan atlet berusia 71 tahun ini sempat ditodong pertanyaan oleh wartawan TMZ saat sedang menuju mobilnya.

Ayah Kendall dan Kylie Jenner ini rupanya setuju dengan pelarangan tersebut.

"Ini masalah keadilan," tuturnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Tak Adil

"Ini alasannya mengapa aku menentang anak yang secara biologis merupakan lelaki, berkompetisi di olahraga anak perempuan di sekolah. Ini kan tidak adil, dan kita harus melindungi olahraga anak perempuan di sekolah kita," tuturnya.

Sang jurnalis kemudian berusaha bertanya lebih lanjut, tapi Caitlyn keburu masuk mobil.

3 dari 5 halaman

Diperkuat dengan Cuitan

Setelah artikelnya dipublikasikan, ia membagikan tautannya di akun Twitter pribadinya.

"Aku enggak menyangka dapat pertanyaan ini saat pergi beli kopi pada Sabtu pagi, tapi aku sudah menerangkan dengan jelas di mana posisiku," tuturnya.

4 dari 5 halaman

Dikritik

Hal ini rupanya mendapat kritik dari komunitas LGBTQ+, salah satunya adalah Trace Lysette.

"Cait...bukan begini," tulisnya.

Menurutnya, saat seorang transgender perempuan menjalani terapi hormon atau yang lain, maka orang ini tak memiliki keuntungan lebih dari kondisi biologis sebagai lelaki.

"Aku ikut atletik setingkat klub dengan para mahasiswi, dan percayalah, tak ada keuntungan lebih. Aku pasti sudah masuk kelas profesional kalau aku bisa berlari seperti sebelum menjalani [terapi] hormon," tuturnya.

5 dari 5 halaman

Disebut Berbahaya

Sementara itu aktor Star Trek George Takei berkomentar pedas. "Caitlyn Jenner bukan teman komunitas LGBTQ. Jangan sebut dia [aktivis]. Dia sosok berbahaya," kata aktor 84 tahun ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.