Sukses

Aktris Hollywood AnnaLynne McCord Ungkap Dirinya Didiagnosis Berkepribadian Majemuk

Aktris Hollywood AnnaLynne McCord buka suara karena ingin melawan stigma negatif terhadap orang dengan gangguan mental.

Liputan6.com, Los Angeles - Aktris Hollywood AnnaLynne McCord mengungkap sebuah fakta mengagetkan tentang dirinya. Bintang Nip/Tuck ini mengungkap dirinya didiagnosis dengan gangguan identitas disosiatif, yang sebelumnya dikenal sebagai berkepribadian majemuk.

Dilansir dari People, Selasa (20/4/2021), sang aktris mengungkap kondisi kejiwaan dirinya dalam sebuah pembicaraan bersama Dr Daniel Amen.

Alasannya mengungkap hal ini kepada publik, adalah untuk melawan stigma negatif terkait gangguan mental. "Aku sama sekali tak tertarik dengan rasa dipermalukan," tuturnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Kepingan Memori

Salah satu hal yang ia ceritakan adalah bahwa ia mengalami pengalaman traumatis, diperkosa saat berusia remaja. Akibatnya, ia menjalani terapi untuk pengobatan jiwanya. Justru dari sini ia mengingat hal lain.

"Setahun yang lalu, aku menjalani perawatan untuk stres pasca-trauma dan memori atas kekerasan seksual bertahun-tahun lalu muncul, sampai saat aku berusia 11 tahun," ujarnya.

Wanita 33 tahun ini mengungkap banyak kepingan memori yang hilang dari ingatannya.

"Aku tak ingat apa-apa sampai umur lima tahun. Lalu antara umur lima sampai 11, aku mulai teringat insiden pada masa itu. Lalu pada usiaku 13, aku ingat satu memori, tapi aku tidak merasa punya ingatan lain pada masa itu," kata dia.

3 dari 5 halaman

Dibantu Peran

Aktris yang juga aktivis anti-perdagangan manusia ini menjelaskan bahwa peran yang ia mainkan ikut membuka matanya terhadap kondisinya ini. Bahkan saat bermain di film horor Excision (2012), sesuatu sempat memicu kondisinya ini.

"Aku memainkan karakter gadis kecil yang sangat cerdas, terganggu, dan aneh, yang sebenarnya sangat dekat dengan diriku di dalam sini. Sungguh rasanya sangat mengekspos, sangat mengonfrontasi, bahkan mungkin trauma muncul kembali tanpa disadari," kata dia.

4 dari 5 halaman

Tak Terjangkau

Ia bercerita selesai syuting film ini pukul 2 pagi, sementara keesokan harinya harus memainkan karakter lain yang bertolak belakang dalam serial TV 90210, spinoff dari Beverly Hills.

"Aku tak bisa menemukannya, dia tak bisa kujangkau. Aku dalam kegelapan, aku masuk sangat dalam ke karakter ini, Pauline, dan tak bisa keluar," kata dia.

5 dari 5 halaman

Little Anna

Annalynne juga bercerita mengenai kepribadiannya yang diberi nama "Little Anna."

"Dia adalah bola yang dipantulkan ke tembok, jari tengah yang diacungkan ke langit, anarkis dari neraka yang akan menusukmu dengan cincin berduri yang dia kenakan, dan kamu akan menyukainya," kata dia.

Ia menambahkan, "Ia adalah makhluk kecil yang mengerikan, tapi aku bersyukur ada dia, karena dia mengeluarkanku dari neraka tempatku berada."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.