Sukses

Kolaborasi dengan Jogja Music Week, Panganfest 2021 jadi Panggung Inovasi Pangan

Panganfest 2021 digelar di Yogyakarta.

Liputan6.com, Jakarta Bicara kekayaan kuliner dan pangan di Indonesia, pastinya sangat luar biasa. Bahkan rendang belum lama ini oleh CNN Travel kembali diposisikan sebagai 50 makanan terlezat di dunia. Hebatnya, rendang asal Sumatra Barat, Indonesia, itu ditabalkan di urutan pertama. Atau makanan terlezat di dunia!.  

Sayangnya, citarasa kuliner Indonesia belum semua diketahui dunia. Nah! berangkat dari kesadaran betapa luar biasa kekayaan kuliner dan pangan di Indonesia, yang belum diketahui dunia itulah, Panganfest 2021 atau “Panggung Adirasa Nusantara” akan digelar di Yogyakarta.

Event ini diharapkan akan menjadi panggung inovasi pangan Indonesia menuju masa depan. PanganFest adalah startup yang membantu para inovator pangan untuk melakukan hilirisasi, agar produk pangan inovatif mereka bisa semakin dekat dengan konsumen.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Panggung

PanganFest yang merupakan akronim dari Panggung Adirasa Nusantara tersebut, menyiapkan panggung bagi inovator lokal di seluruh pelosok nusantara, agar mereka lebih visible di mata konsumen dan investor. PanganFest membantu proses upgrading menjadi “adirasa” agar lebih kompetitif di dalam persaingan global. 

Sebuah keniscayaan karena saat ini kita menyaksikan awal dari kebangkitan pangan Indonesia. Dibuktikan dengan makin banyak petani milenial. Makin tumbuh wirausaha kuliner milenial. Makin menjamur kafe dan restoran baru. Juga cara menjajakannya secara digital, apalagi di tengah kepungan pandemi.

“Tujuan konser marathon ini hanya satu: menjadikan Indonesia sebagai negara Adirasa global”, tandas Rino Febrian, salah satu founder Panganfest cum CEO Aio Inovasi dalam rilis yang diterima, baru-baru ini. 

 

3 dari 4 halaman

Kegiatan

Dan sebagai langkah perdana, dimulai dari Yogya. Setelah itu, disertai berbagai penyempurnaan, akan menyebar ke seluruh nusantara dan ke seluruh pojok dunia.  

Ada 3 (tiga) fokus kegiatan dari PanganFest. Pertama, membantu mendesain (ulang) tampilan produk pangan serta packaging- nya agar lebih sesuai dengan selera kelas menengah, kelompok milenials, dan konsumen global. Kedua, membantu menyiapkan konten dan strategi digital marketing. Ketiga, menjadi promotor pameran atau festival pangan baik di dalam maupun luar negeri.

 

4 dari 4 halaman

Memimpin

Dengan Panganfest outputnya Indonesia akan bersegera menjadi leading future culinary destination, menjadi leader dalam future food innovation dan menjadi future food startup nation!.  

“Modal kita ada semua, baik sumber dayanya, juga manusianya. Ini hanya persoalan mempercepat inovasi pangan, menginstal teknologi dan kemudian memperkenalkannya ke tingkat regional dan global,” pungkas Rino Febrian.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.