Sukses

3 Alasan Zaskia Adya Mecca Sunatkan Bayi, Salah Satunya Karena Kasus Anak Shireen Sungkar

Zaskia Adya Mecca menyunat anak bungunya, Bhaj Kama Bramantyo, yang masih bayi. Ia punya 3 alasan khusus. Apa saja?

Liputan6.com, Jakarta Zaskia Adya Mecca bersama Hanung Bramantyo dan anak-anak kembali ke Jakarta untuk menyelesaikan sejumlah agenda. Salah satunya, menyunat Bhaj Kama yang usianya belum genap sebulan.

Zaskia Adya Mecca punya alasan khusus mengapa bayinya disunat. Lewat vlog yang diunggah di kanal YouTube The Bramantyos, Sabtu (25/7/2020), Zaskia Adya Mecca berbagi cerita.

Pertama, adik Hanung Bramantyo tinggal di Madinah hampir 11 tahun dan sudah tiga kali melahirkan. “Di sana, setiap bayi laki-laki pulang dari rumah sakit sudah dalam keadaan di sunat,” beber Zaskia Adya Mecca sembari menimang bayi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Sunat di Indonesia dan Budaya

“Aku langsung berpikir, kalau di Indonesia sunatnya nunggu anak gede, berarti itu budaya. Aku pikir selama ini sunat yang ideal itu ketika anak gede nanti terus jadi pengantin sunat dan ada acara-acara,” imbuh Zaskia Adya Mecca.

Namun bukan ini alasan utama bintang sinetron Para Pencari Tuhan menyunat bayinya. Kedua, keponakan Zaskia Adya Mecca mengalami peristiwa yang bikin panik dan syok.

3 dari 5 halaman

Perut Sakit, Tak Bisa Pipis

Sang keponakan yang baru berusia sekitar dua tahun bermain di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, bersama orang tua. Tiba-tiba ia menangis histeris. Ibunya panik.

Ternyata perut keponakan Zaskia Adya Mecca sakit akibat tak bisa pipis. Ada tumpukan kotoran yang menyumbat saluran kencing. Ia di larikan ke Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo Jakarta untuk dirawat.

 

4 dari 5 halaman

Pengalaman Shireen Sungkar

Di rumah sakit, keponakan Zaskia Adya Mecca menjalani prosedur kesehatan dari USG kandung kemih, pemeriksaan ginjal, dan lain-lain. Ia dioperasi untuk membersihkan saluran kencing sekalian disunat.

Terakhir, putra Shireen Sungkar juga mengalami hal serupa. Berkaca pada pengalaman ini, Zaskia Adya Mecca menyunat Bhre Kata dan Bhaj Kama saat bayi. Kali pertama punya bayi laki-laki yakni Bhai Kaba, Zaskia Adya Mecca ragu untuk menyunatnya.

5 dari 5 halaman

Infeksi Saluran Kencing

“Pas sudah 6 bulan mau kita sunatin, sudah kegedean. Karena kalau sudah 6 bulan kakinya sudah banyak goyangan. Kata dokter kalau mau sunatin anak dari bayi lebih baik pas baru lahir atau sebelum 6 bulan,” bebernya.

“Kalau bayi baru lahir hidupnya cuma telentang atau tidur sama ngeden-ngeden dikitlah. Begini doang hidupnya,” sambung bintang film Ayat-ayat Cinta. Bhai Kaba pernah mengalami infeksi saluran kencing. “Panas tinggi dan bolak-balik ke rumah sakit untuk mencari dokter yang tepat ternyata dia kena fimosis. Lahir Bhre Kata, tiga hari disunat. Sudah enggak mikirin dia bayi merah,” akunya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.