Sukses

Adik Via Vallen Positif Corona Covid-19, Teman Kerjanya Diliburkan Tanpa Digaji Perusahaan

Liputan6.com, Jakarta Masih ingat kasus adik Via Vallen yang positif Corona Covid-19 usai menjalani swab test? Via Vallen memublikasikan adiknya positif Corona Covid-19 di akun Instagram terverifikasi miliknya pada 24 Mei 2020.

Via Vallen bercerita, mulanya sang adik dinyatakan non-reaktif usai menjalani rapid test. Tak yakin dengan hasil tersebut, Via Vallen merekomendasikan adiknya ikut swab test. Rupanya, hasil swab test positif.

Seminggu berlalu, ada efek samping dari publikasi Via Vallen terkait riwayat kesehatan adiknya. Mengunggah tangkapan layar percakapan di WhatsApp, Via Vallen berbagi cerita kepada publik.

2 dari 5 halaman

Ada Yang Terdampak

Menilik tangkapan layar yang diunggah Via Vallen, beberapa orang berbincang soal kehilangan pekerjaan. “Adike Via Vallen sing kenek Corona, aku kenek dampake diliburno pabrik (Adiknya Via Vallen yang kena Corona, aku yang terdampak diliburkan pabrik),” keluh seseorang.

Yang lain merespons, “Iya, tapi Via bilang di publik gitu akhirnya pabrik mengistirahatkan karyawane. Gak tahulah Mbak, pusing jadinya. Makanya kalau omong hati-hati.”

3 dari 5 halaman

Imbas ke Tetangga

Lagi orang ini mengeluh, “Wis bapake gak kerjo, aku diliburno. Kan sumpek, Mbak. Ya kalau dapat ganti, Mbak. Ini lho pabrik ngeliburno tanpa gaji.” Menyertai unggahan ini, Via Vallen menulis, “Maaf aku mau sharing lagi soal adekku, kali ini imbasnya ke tetangga.”

Aku mau tanya, apakah kejadian ini juga terjadi di tempat kalian. Tapi sebelumnya maaf kalo ada pihak yang merasa dirugikan karena postingan ini,” sambung pedangdut kelahiran Surabaya, 1 Oktober 1991 itu.

4 dari 5 halaman

14 Hari

Menurutnya, beberapa tetangga yang kerja di pabrik mengaku diberhentikan dari pekerjaan selama 14 hari oleh personalia gara-gara unggahan Via Vallen terkait adiknya yang positif Covid-19.

Katanya sudah peraturan dari pabrik bahwa jika ada karyawan pabrik yang satu RT dengan orang terpapar Covid-19, maka RT harus laporan ke pabrik setempat,” ujar pedangdut bernama asli Maulidia Octavia.

 

5 dari 5 halaman

Pertanyakan Kebijakan

Pegawai tersebut diberhentikan dari pabrik atau diisolasi agar tidak menularkan virus Covid-19 ke karyawan lain. Tak mau menelan informasi ini mentah-mentah, pelantun “Sayang” melakukan cek silang ke ketua RT setempat. Namun katanya tidak pernah telepon ke pabrik-pabrik warganya.

Apa benar kebijakan dari pabrik seperti itu? (Maaf, karena saya tidak tahu aturannya seperti apa). Lalu sumbernya dari mana jika RT tidak lapor ke pabrik? Apakah dari postingan di IGku?” cetusnya, tak habis pikir. Via Vallen mengingatkan, adiknya positif Covid-19 lebih dari sebulan yang lalu.