Sukses

Wabah Covid-19 Belum Reda, Inul Daratista: Terus Kapan Karaokeku Buka, Ya Allah?

Liputan6.com, Jakarta Memasuki bulan keempat, wabah Corona Covid-19 membuat masyarakat termasuk para seleb Tanah Air makin gelisah. Salah satunya, si Ratu Ngebor Inul Daratista.

Belum menunjukkan tanda-tanda mereda, wabah Corona Coviod-19 membuat Inul Daratista kepikiran. Maklum, sejak wabah Corona Covid-19 meluas, syuting sinetron, film, FTV, dan sejumlah program layar laca dihentikan.

Ini untuk merespons kebijakan social maupun physical distancing di Indonesia. Tak hanya gelisah soal syuting yang mandek, Inul Daratista yang berwirausaha mulai memikirkan kesejahteraan karyawan.

2 dari 5 halaman

Kapan Bisa Kerja Lagi?

Pemilik album Goyang Inul yang memiliki ratusan rumah karaoke di Indonesia menuangkan kegelisahan di jagat maya. Melalui akun Instagram terverifikasi miliknya, Inul Daratista tak tahu lagi harus berbuat apa.

Ia bertanya kepada Sang Khalik kapan ia bisa bekerja kembali. “Terus kapan aku iki iso kerjo maneh ya Allah? Terus kapan karaokeku buka maneh ya Allah,” tanya Nyonya Adam Suseno sembari mengunggah fotonya tengah memegangi kepala.

3 dari 5 halaman

Ya Allah, Cash Flow Menipis

Inul Daratista bercerita, sofa di ruang karaokenya mulai kusam. Sejumlah kabelnya dimakan tikus. Mau tak mau pedangdut kelahiran Pasuruan, Jawa Timur, 21 Januari 1979 menggelontorkan dana ekstra untuk perawatan fasilitas.

Padahal, tak ada pemasukan selama beberapa bulan terakhir. “Terus kapan usahaku yang lain bisa operasional semua kembali ya Allah. Terus sampe kapan ndeprok nang omah? Kesplone gripis (cahs flow menipis -red.) ya Allah,” aku pelantun “Kocok-kocok” dan “Masa Lalu.”

 

4 dari 5 halaman

Kadang Stres

Kepada warganet, ia menyebut tahun 2020 menguji daya bertahan hidup. Inul Daratista berjanji tak akan menyerah demi keluarga dan karyawan yang menggantungkan nasib padanya.

Meski kadang enggak bisa dipungkiri sutrisno (stres) melanda. Tidak ada kata ‘masih enak yo kamu.’ Semua sama mengalami enggak enak!” aku bintang sinetron Kenapa Harus Inul?. Meski wabah tak juga reda, ia percaya fase pahit ini memacu manusia lebih kuat dan kreatif dalam menyambung hidup.

5 dari 5 halaman

Aku Ingin Kembali Normal

Pun ia percaya, wabah ini akan ada solusinya. “Corona tidak bisa hilang. Yang hilang kamu-kamu yang tak bisa menjaga stamina dan immun dengan baik. Yang tidak disiplin dan patuh dengan peraturan,” ibunda Yusuf Ivander Damares mengingatkan.

Terkait penerapan normal baru, Inul Daratista mengajak publik tetap disiplin, jaga kebersihan, dan jarak serta rajin cuci tangan. “Ah sudahlah, aku ingin semua kembali nornal apapun itu namanya... sing penting aku bisa kerja kembali. Semangat!” pungkasnya.