Sukses

Once Mekel Akui Banyak Rencananya yang Berantakan Selama Pandemi

Menurut Once Mekel, banyak agendanya yang berantakan sejak pemberlakuan pembatasan sosial berskala besar.

Liputan6.com, Jakarta - Lesunya industri musik di tengah pembatasan sosial berskala besar demi memutus mata rantai virus Corona Covid-19, sangat dirasakan Once Mekel. Terlebih, Once kini tengah menjabat sebagai produser musik.

Menurut Once Mekel, banyak agendanya yang berantakan sejak pemberlakuan pembatasan sosial berskala besar. Salah satunya adalah terkait jadwal rekaman untuk lagu-lagu baru.

"Tak bisa business as usual. Bisa dibilang, sales untuk musik sangat terdampak. Semua jadwal rekaman kacau, tak bisa sesuai yang direncanakan," terang Once Mekel dalam wawancara Live Streaming bersama Liputan6.com melalui aplikasi Zoom, Selasa (22/4/2020) sore.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Mencari Cara

Selain rekaman, jadwal peluncuran album pun ikut terpengaruh. Sehingga Once dan rekan-rekannya kini malah sibuk mencari jalan keluar dari dampak yang tak diinginkan ini.

"Jadwal rilis album juga mundur semua. Kami harus mencari cara supaya bisa survive selama periode ini," ujar Once.

3 dari 5 halaman

Situasi Tak Menguntungkan

Sebagai seorang produser, Once tentunya bertanggung jawab penuh terhadap jadwal rekaman hingga distribusi album yang dirilis. Namun, situasi saat ini terasa tidak menguntungkan bagi pihaknya.

"Dari sudut rekaman, ini situasi yang sangat tak menguntungkan. Saya sebagai eksekutif kan harus menjual CD dari gerai-gerai ayam misalnya. Saya sebagai yang duduk di balik layar, merasa ini situasi yang kurang menguntungkan," Once mengungkapkan.

4 dari 5 halaman

Salah Satu Solusi

Once pun membeberkan salah satu solusi yang ada di kepalanya demi bisa mempertahankan distribusi album baru yang diproduserinya.

"Sekarang sedang meeting dengan teman-teman untuk merundingkan cara apa yang harus dipakai. Bisa juga memanfaatkan ojol, dan sebagainya," Once menyampaikan.

5 dari 5 halaman

Pengeluaran Uang Selama Pandemi

Selain itu, Once juga membeberkan pengeluaran uangnya selama masa pandemi. Menurutnya, tak ada perubahan karena penggunaan sejumlah fasilitas yang lebih banyak selama di dalam rumah.

"Tergantung gaya hidup. Kita sudah tak bisa lagi keluar-keluar, tak ada pendapatan. Tapi pengeluaran enggak ada bedanya. Makan, listrik, pulsa telepon, itu yang sekarang kita butuhkan. Internet juga, atau kesehatan, dan sebagainya," terang Once.

"Sebenarnya relatif enggak banyak yang dkeluarkan. Tinggal mengurangi gaya hidup yang berlebihan dengan uang yang ada," tambahnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.