Sukses

6 Lagu Lawas Bimbo Paling Hit, Ada yang Populer di Luar Negeri

Liputan6.com, Jakarta - Grup Bimbo baru-baru ini mendapat sorotan setelah merilis lagu bertema virus Corona Covid-19. Tak lama kemudian, sejumlah warganet menyebut bahwa lagu tersebut dirilis oleh grup lawas ini 30 tahun lalu.

Disebutkan bahwa lagu tersebut merupakan ramalan Bimbo sebelum terjadinya wabah Covid-19. Ternyata hal tersebut adalah hoaks. Bimbo merekamnya baru-baru ini atas permintaan Kepala Gugus Tugas Covid-19, Doni Monardo.

Klarifikasi ini disampaikan oleh Acil, salah seorang personel grup musik asal Bandung ini. Dalam keterangannya, Acil memang membenarkan lagu tersebut dinyanyikan oleh Bimbo, namun ia menyangkal lagu ini dibuat 30 tahun lalu.

2 dari 10 halaman

Bukan Lagu Lawas

“Tapi itu lagu baru. Bukan lagu yang diciptakan 30 tahun yang lalu,” ujar Acil Bimbo, seperti dikutip Liputan6.com, Jumat (10/3/2020).

3 dari 10 halaman

Khusus untuk Virus Corona

Lebih lanjut, perwakilan keluarga Bimbo juga menerangkan bahwa lagu tersebut diciptakan oleh Syam, Acil, dan Jaka di studio Batu Nunggal, Bandung, Jawa Barat.

“Lagu itu memang khusus bercerita soal virus Corona. Lagu soal Corona itu diminta oleh Kepala Gugus Tugas, Doni Monardo,” jelas perwakilan Bimbo.

4 dari 10 halaman

Lagu Populer

Nah, jauh sebelum heboh lagu bertema virus Corona ini, tentunya Bimbo sudah memiliki cukup banyak tembang-tembang lawas populer yang menjadi hit pada masanya.

Lalu, apa saja lagu-lagu tersebut? Yuk simak selengkapnya berikut ini.

5 dari 10 halaman

1. Melati dari Jayagiri

"Melati dari Jayagiri" adalah lagu Bimbo yang fenomenal pada akhir era 1960-an. Lagu romantis bernada sendu ini, merupakan ciptaan musisi sekaligus pencipta lagu yang sempat terkenal pada masanya, Iwan Abdulrachman. Kala itu, Bimbo masih menggunakan nama Trio Bimbo.

6 dari 10 halaman

2. Flamboyan

"Flamboyan" yang juga diciptakan Iwan Abdurahman ini dirilis pada 1971. Bimbo pun masih menggunakan nama Trio Bimbo saat mempopulerkan lagu ini. Nuansa yang sama seperti Melati dari Jayagiri pun masih terasa namun dengan lirik yang lebih puitis.

7 dari 10 halaman

3. Balada Seorang Biduan

Lagu "Balada Seorang Biduan" yang diciptakan oleh Sam Bimbo ini tak hanya dikenal di Tanah Air. Pada era 1970-an, lagu ini sempat menjadi hit di Malaysia. Bahkan, mendiang penyanyi Malaysia bernama Dahlan Zainudin pernah menyanyikan ulang dengan judul "Seorang Biduan". Menariknya, lagu ini membuat Dahlan sukses besar hingga melampaui Bimbo.

8 dari 10 halaman

4. Sendiri

Bernuansa sendu dengan tema cinta terlarang, "Sendiri" berhasil memikat hati para pendengar musik Tanah Air, terutama fans Bimbo. Lagu yang muncul di era 1980-an ini memiliki melodi yang kelam namun enak didengar.

9 dari 10 halaman

5. Laut Cinta

Lagu era 1970-an ini melibatkan Iin Parlina, saudari kandung Bimbo. Vokal Iin yang apik dan energik menambah warna lagu Bimbo yang kebanyakan mengusung nada-nada sendu.

10 dari 10 halaman

6. Tuhan

Popularitas Bimbo berada di puncaknya saat mereka merilis lagu bernuansa religi berjudul "Tuhan" pada era 1970-an. Lagu ini masih menjadi hit pada dekade berikutnya. Bahkan, pada era sekarang, "Tuhan" juga masih menjadi lagu bertema religi favorit sebagian besar masyarakat Indonesia.